Senin 05 Apr 2021 19:40 WIB

Ketika Charlie Chaplin Menginspirasi Aktivis Politik Maroko

Abdelsalam meniru Chaplin dengan menggunakan topeng komedi.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Charlie Chaplin, komedian Inggris.
Foto: pinterst
Charlie Chaplin, komedian Inggris.

IHRAM.CO.ID,  RABAT -- Belhussein Abdelsalam yang berusia 58 tahun ditangkap dan kehilangan pekerjaannya pada tiga dekade lalu. Saat itu dia tengah melihat Charlie Chaplin di televisi dan pada saat itu memutuskan untuk terjun ke karir yang baru.

Keputusan Abdelsalam itu meniru Chaplin, aktor Inggris dan pembuat film bisu yang dikenang karena karakter Little Tramp-nya. Abdelsalam telah tampil di jalan-jalan ibu kota Maroko hampir setiap hari sejak itu.

Baca Juga

Membuat orang tertawa di Rabat untuk mendapatkan sedikit pemasukan. Dia berpenghasilan di bawah 150 dolar AS sebulan dari tip. Tetapi dia bangga menjadi selebriti jalanan yang dikenal penduduk hanya sebagai Charlo.

Mantan fotografer olah raga itu melihat kesejajaran antara dirinya dan legenda layar lebar Chaplin dalam sebuah kenangan masa kecil yang menyakitkan. Dengan cara yang sama, Abdelsalam meniru Chaplin dengan menggunakan topeng komedi untuk menyembunyikan kesedihan dan kesulitan hidupnya.

 

"Saat aku kehilangan segalanya, aku menjadi Charlie Chaplin, (yang) membuat dunia tertawa dan menangis tanpa mengucapkan sepatah kata pun. Dia (Chaplin) adalah orang unik yang berjuang melawan diskriminasi dan mempersatukan (semua orang)," ujar Abdelsalam yang dikenal dengan nama Charlo itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement