Selasa 06 Apr 2021 08:52 WIB

Aplikasi Ini Bisa Buat Umat Kunjungi Makkah dan Madinah

Aplikasi ini bisa membawa jutaan Muslim berpergian virtual ke dua masjid suci

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Masjidil Haram
Foto: Saudi Press Agency/Handout via REUTERS
Masjidil Haram

IHRAM.CO.ID, MAKKAH – Di tengah persiapan umat Islam menanti bulan suci Ramadhan, aplikasi baru diluncurkan Arab Saudi. Aplikasi ini bisa membawa jutaan Muslim dengan mudah berpergian virtual ke dua masjid suci di Makkah dan Madinah .

Aplikasi 3D, V Makkah dikembangkan oleh Se-ma-phore Studio. Ini memungkinkan para pengguna untuk melakukan tur interaktif di dalam Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Mereka juga dapat mengunjungi lokasi terdekat seperti Gunung Arafah, Jembatan Jamaraat, area Muzdalifah, dan pameran yang diadakan di kota-kota suci. Aplikasi ini tersedia dalam tujuh bahasa, yaitu Arab, Inggris, Turki, Persia, Urdu, Melayu, dan Indonesia.

Sebelumnya, ada pula aplikasi sama di bidang ini. Pada Agustus 2016 lalu, aplikasi Manasik VR dirilis yang bertujuan untuk memberikan kesan pertama Makkah bagi pendatang baru.

Dilansir About Islam, Selasa (6/4), aplikasi VR serupa lain yang diluncurkan pada 2014 adalah Makkah 3D. Awalnya aplikasi itu dikembangkan oleh Brainseed Factory dan kini telah dipindahkan ke Bigitec, sebuah perusahaan yang berbasis di Jerman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement