Gubernur Sumbar: Sambut Ramadhan dengan Saling Bermaafan

Selasa , 06 Apr 2021, 11:15 WIB Reporter :Febrian Fachri/ Redaktur : Esthi Maharani
Ilustrasi Ramadhan
Ilustrasi Ramadhan

IHRAM.CO.ID, BUKITTINGGI- Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi mengimbau masyarakat mulai menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan dengan saling bermaafan. Ia menyebut Ramadhan harus dilalui dengan hati yang suci supaya dapat menjalankan ibadah dengan khusuk.

"Mari kita bersihkan diri kita dengan bermaafan. Antara anak dengan orang tua. suami istri, keluarga besar dan tetangga," katanya kepada Republika, Senin (5/4) kemarin di Bukittinggi.

Walau Ramadhan kali ini masih dalam suasana pandemi covid-19, lanjutnya, bukanlah sebuah halangan untuk meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT. Ibadah di bulan suci menurut dia tetap dapat dilaksanakan dengan sepenuh hati dengan niat tulus menghadapkan ridho Allah.

Bagi umat Islam yang akan beribadah ke masjid, ia meminta supaya tetap disiplin menjaga diri dengan protokol kesehatan. Setiap umat Islam yang datang ke masjid harus memastikan diri dalam keadaan sehat.

"Kalau merasa diri kurang sehat, cukup beribadah di rumah saja," ujarnya.

Politikus PKS itu juga meminta seluruh pengurus masjid di Sumbar supaya melengkapi sarana dan prasarana untuk mematuhi protokol kesehatan. Seperti menyediakan sarana cuci tangan, alat pengukur suhu dan lain-lain. Bila mendapati jamaah yang kurang sehat, pengurus harus arif memberikan pengertian supaya ibadah di rumah saja.