Kunjungan Virtual di Masjidil Haram, Nabawi, dan Al Quds  

Selasa , 06 Apr 2021, 15:22 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Kunjungan virtual Masjidil Haram, Nabawi, dan Al Quds digelar Ramadhan. Masjidil Haram
Kunjungan virtual Masjidil Haram, Nabawi, dan Al Quds digelar Ramadhan. Masjidil Haram

IHRAM.CO.ID, TEHRAN – Muslim dari seluruh dunia dapat melakukan kunjungan virtual pada situs suci di Makkah, Madinah, dan Yerusalem selama Ramadhan. Ramadhan di negara-negara Arab diperkirakan akan dimulai pada pekan depan.

"Menggunakan program 3D yang dikembangkan oleh Se-ma-for Studio, pengguna dapat mengikuti tur interaktif Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjid Al Aqsa di Jerusalem al-Quds," menurut situs Al-Araby yang dilansir dari IQNA, pada Selasa (6/4).  

Mereka juga dapat mengunjungi lokasi terdekat seperti Gunung Arafah, Jembatan Jamaraat, area Muzdalifah, dan pameran yang diadakan di kota-kota suci. Program ini, juga tersedia dalam tujuh bahasa, Arab, Inggris, Turki, Persia, Urdu, Melayu, dan Indonesia.  

Tahun lalu, ibadah haji tahunan Islam ditutup untuk jamaah dari luar Arab Saudi untuk pertama kalinya karena pandemi virus corona. Untuk membuka pengalaman bagi umat Islam di seluruh dunia yang tidak dapat hadir langsung, sebuah perusahaan Jerman menciptakan pengalaman haji digital interaktif 

Baca Juga

"Dijuluki Muslim 3D, ini terlihat seperti video gim  tetapi sebenarnya adalah tur virtual melalui gaya hidup, sejarah, dan ritual Islam," kata tersebut. 

Pemerintah Arab Saudi tahun ini belum memutuskan mengenai aturan layanan haji. Pada tahun lalu, haji hanya diizinkan untuk 10 ribu warga Arab Saudi dan ekspatriat.  

Baru-baru ini, otoritas kerajaan baru mengeluarkan tentang siapa-siapa saja yang boleh memasuki Masjidil Haram, yakni mereka yang telah melakukan vaksinasi dan mendaftar melalui apliksi resmi milik kerajaan. 

Sumber: iqna.ir