Selasa 06 Apr 2021 21:47 WIB

Kereta Api BIY Ditargetkan Beroperasi Agustus 2021

Proses pembangunan jalur layang KA BIY sudah mencapai 86 persen.

Proyek pembangunan jalur kereta menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon, Kulonprogo, Yogyakarta.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Proyek pembangunan jalur kereta menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon, Kulonprogo, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan jalur layang kereta api yang menghubungkan Stasiun Kedundang menuju Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) sepanjang 5,3 kilometer beroperasi komersial pada pertengahan Agustus 2021. Saat ini, pembangunan jalur layang KA tersebut terus dilakukan.

"Kemajuannya sudah mencapai 86 persen," kata Direktur Prasarana Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Heru Wisnu Prabowo kepada pers di Solo, Jawa Tengah, Selasa (6/4).

Baca Juga

Ia mengatakan, keberadaan jalur layang KA ke BIY di Kulonprogo sangat penting dan strategis dalam upaya mempercepat perjalanan menuju dan ke Kota Yogyakarta. Saat ini, katanya, jika menggunakan mobil melalui jalan raya dari Yogyakarta bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam.

"Tapi nanti kalau menggunakan kereta api hanya 45 menit. Jadi jauh lebih efisien dari segi waktu," katanya.

Manfaat lain keberadaan KA itu adalah meningkatkan kapasitas dan daya angkut penumpang, juga meningkatkan konektivitas antarmoda. Selain itu meningkatkan kehandalan sarana perkeretaapian dan meningkatkan aksesibilitas masyarakat karena penambahan di tasiun pemberhentian, serta meningkatkan aksesibilitas menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Keberadaan KA juga akan menghubungkan tiga bandara besar yang ada di Jateng dan DIY yaitu dengan Bandara Adi Sucipto di Yogyakarta dengan Bandara Adi Soemarmo di Boyolali/Surakarta," kata Heru.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement