Selasa 06 Apr 2021 22:02 WIB

Keluarga Korban: Islamofobia Harus Diakui Sebagai Kejahatan

Islamofobia dinilai telah mengalami peningkatan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Muhammad Hafil
Keluarga Korban: Islamofobia Harus Diakui Sebagai Kejahatan. Foto: Islamofobia (ilustrasi)
Foto: Bosh Fawstin
Keluarga Korban: Islamofobia Harus Diakui Sebagai Kejahatan. Foto: Islamofobia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON-- Pada29 April 2013 malam, Mohammed Saleem, seorang lansia berusia 82 tahun sedang berjalan pulang dari shalat di masjid lokalnya di Small Heath, pinggiran kota Birmingham, Inggris. Tiba-tiba, Pavlo Lapshyn, seorang mahasiswa PhD Ukraina berusia 25 tahun, menikam pria tua itu tiga kali di punggung dengan pisau berburu lalu membunuhnya. Luka terparah bahkan menembus tubuhnya.

Pelaku Lapshyn juga diketahui menanam bom di luar tiga masjid di wilayah West Midlands. Dia menargetkan rumah ibadah tersebut di waktu ramai, yakni pada ibadah sholat Jumat. Dia kemudian ditangkap dan mengaku bersalah atas semua tuduhan terhadapnya di bawah Undang-Undang Bahan Peledak tahun 1883 dan Undang-Undang Terorisme tahun 2006 dan menjalani setidaknya 40 tahun di penjara Inggris.

Baca Juga

Dilansir dari Aljazeera, Selasa (6/4), putri Saleem, Maz Saleem ada banyak hal yang harus dilakukan untuk mengenali Islamofobia sebagai fenomena berbahaya.

Dia sekarang meminta pemerintah Inggris untuk secara resmi mengakui Islamofobia sebagai kejahatan.

"Kita perlu membawa Islamofobia kembali ke meja perundingan. Islamofobia telah meningkat lebih lama dari [yang disebut] perang melawan teror.  Muslim diserang karena penampilan dan pakaian mereka,”terangnya.

Melalui kampanye media sosialnya, dia mendesak orang-orang untuk memposting kesaksian dengan pengalaman mereka sendiri tentang kejahatan dan pelecehan Islamofobia.

“Mohammed Saleem bisa jadi salah satu dari kita.  Itulah mengapa kami mengundang orang-orang untuk berbagi pengalaman mereka dengan tagar #IAmMohammedSaleem,”tuturnya.

 Dia juga ingin Inggris mengadopsi definisi hukum resmi Islamofobia, sebuah langkah yang dia harap akan menghentikan praktik ini.

“Serangan Islamofobia tidak terjadi dalam ruang hampa.  Orang-orang berani bertindak atas kebencian mereka dengan kebijakan anti-Muslim yang disetujui pemerintah, jika kita ingin menghentikan ini, kita perlu menamainya. Bagaimana kita mengatasi kebangkitan Islamofobia tanpa definisi apa itu?,”katanya.

Saleem adalah ayah dari tujuh anak dan kakek dari 23 cucu. Dia datang ke Inggris pada tahun 1957 dari Pakistan untuk membantu membangun kembali negara itu setelah PD2.

“Dia akan mengambil giliran tiga kali di toko roti untuk memberi makan kami semua.  Dia adalah pria yang baik, rupawan, dan pekerja keras yang memberdayakan putrinya agar sadar politik dan bersyukur karena memiliki rumah di Inggris,” tuturnya.

Maz Saleem adalah anak bungsu dari anak-anaknya dan memiliki ikatan yang kuat dengannya.  “Saya ingat ketika saya menerima panggilan telepon tentang kematiannya.  Kejutan itu masih hidup dalam diriku.  Itu tidak hilang, ”katanya.

Lapshyn dijatuhi hukuman oleh hakim Pengadilan Tinggi Tuan Justice Sweeney.

"Anda jelas memegang pandangan supremasi kulit putih sayap kanan yang ekstrim, dan Anda termotivasi untuk melakukan pelanggaran oleh kebencian agama dan rasial dengan harapan Anda akan memicu konflik rasial dan menyebabkan Muslim meninggalkan daerah tempat Anda tinggal," kata Sweeney di pernyataan hukuman.

Penggambaran serangan yang tidak akurat telah memperburuk penderitaan keluarga Saleem, kata Maz. “Dia (Lapshyn) tidak dicap teroris di media arus utama.  Mereka memanggilnya pembom masjid, pembunuh atau penyerang sayap kanan.  Tidak pernah teroris,”ungkapnya.

Menurut laporan pemerintah dan pemantau kejahatan rasial Tell MAMA UK, kebencian anti-Muslim telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Yasmine Adam, Juru Bicara Dewan Muslim Inggris, mengatakan Islamofobia telah didefinisikan oleh kelompok parlemen lintas partai dan telah didukung oleh masyarakat sipil dan oleh sebagian besar partai politik, kecuali Partai Konservatif yang berkuasa, berakar pada rasisme dan jenis rasisme. yang menargetkan Muslim atau Muslim yang dipersepsikan.

 "Ini adalah kelalaian yang mencolok dari partai yang memerintah kami, yang seharusnya memimpin perang melawan semua bentuk kefanatikan," kata Adam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement