Rabu 07 Apr 2021 18:53 WIB

4 Ayat Alquran yang Tegaskan Sunnah Nabi Juga Wahyu

Alquran menegaskan sunnah merupakan wahyu dari Allah SWT

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran menegaskan sunnah merupakan wahyu dari Allah SWT. Ilustrasi Rasulullah
Foto: Republika/Mardiah
Alquran menegaskan sunnah merupakan wahyu dari Allah SWT. Ilustrasi Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Terdapat bukti dalam dalil Alquran bahwa sunnah yang dilakukan Rasulullah SAW merupakan bagian dari wahyu yang diturunkan Allah SWT.

Beberapa dalil-dalil bukti sunnah adalah juga wahyu yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad sekalipun bukan melalui malaikat Jibril di antaranya sebagaimana dikutip dari laman Alukah berikut:   

Baca Juga

1. Surat An Najm ayat 3-4  

وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَىٰ.إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْيٌ يُوحَىٰ “Dan tidaklah yang diucapkannya itu (Alquran ) menurut keinginannya. Tidak lain (Alquran  itu) adalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).” 

Dalil tersebut menunjukkan bahwa sunnah adalah wahyu dari Tuhan untuk Rasul-Nya dan bahwa dia sempurna dalam apa yang dia ceritakan tentang Allah SWT yang satu  dan hukumnya, karena perkataannya bukan berasal dari nafsu, melainkan dari wahyu.

2. Surat Al Anam ayat  50

قُلْ لَا أَقُولُ لَكُمْ عِنْدِي خَزَائِنُ اللَّهِ وَلَا أَعْلَمُ الْغَيْبَ وَلَا أَقُولُ لَكُمْ إِنِّي مَلَكٌ ۖ إِنْ أَتَّبِعُ إِلَّا مَا يُوحَىٰ إِلَيَّ ۚ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الْأَعْمَىٰ وَالْبَصِيرُ ۚ أَفَلَا تَتَفَكَّرُونَ

“Katakanlah (Muhammad), "Aku tidak mengatakan kepadamu, bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan aku tidak mengetahui yang gaib dan aku tidak (pula) mengatakan kepadamu bahwa aku malaikat. Aku hanya mengikuti apa yang diwahyukan kepadaku." Katakanlah, "Apakah sama antara orang yang buta dengan orang yang melihat? Apakah kamu tidak memikirkan(nya)?"  

Ayat ini menunjukkan bahwa Rasulullah hanya mengikuti wahyu dan dibatasi aturan Allah. Apa yang Rasul lakukan adalah mengikuti apa yang diwahyukan kepadanya. Rasul bukanlah seorang utusan sampai ia membawa mukjizat dan bertanggung jawab dengan mukjizat yang diberikan kepadanya.  

3. Surat An Nisa ayat 113 

وَلَوْلَا فَضْلُ اللَّهِ عَلَيْكَ وَرَحْمَتُهُ لَهَمَّتْ طَائِفَةٌ مِنْهُمْ أَنْ يُضِلُّوكَ وَمَا يُضِلُّونَ إِلَّا أَنْفُسَهُمْ ۖ وَمَا يَضُرُّونَكَ مِنْ شَيْءٍ ۚ وَأَنْزَلَ اللَّهُ عَلَيْكَ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَعَلَّمَكَ مَا لَمْ تَكُنْ تَعْلَمُ ۚ وَكَانَ فَضْلُ اللَّهِ عَلَيْكَ عَظِيمًا

“Dan kalau bukan karena karunia Allah dan rahmat-Nya kepadamu (Muhammad), tentulah segolongan dari mereka berkeinginan keras untuk menyesatkanmu. Tetapi mereka hanya menyesatkan dirinya sendiri, dan tidak membahayakanmu sedikit pun. Dan (juga karena) Allah telah menurunkan Kitab (Alquran ) dan Hikmah (Sunnah) kepadamu dan telah mengajarkan kepadamu apa yang belum engkau ketahui. Karunia Allah yang dilimpahkan kepadamu itu sangat besar.” 

4. Surat Al Imran ayat 164

لَقَدْ مَنَّ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولًا مِنْ أَنْفُسِهِمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ

“Sungguh, Allah telah memberi karunia kepada orang-orang beriman ketika (Allah) mengutus seorang rasul (Muhammad) di tengah-tengah mereka dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Kitab (Alquran ) dan hikmah (sunnah), meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata.” 

Dua ayat diatas menjadi bukti bahwa Rasulullah mendapatkan wahyu berupa Alquran dan sunnah.

 

 

Sumber: alukah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement