3 Ramadhan 1442

Masjid Syeikh Ajlin di Gaza Karya Ridwan Kamil Dibangun

Kamis , 08 Apr 2021, 08:40 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Esthi Maharani
Masjid Syeikh Ajlin di Gaza didesain oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Masjid Syeikh Ajlin di Gaza didesain oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pembangunan kembali Masjid Syeikh Ajlin di Gaza mulai dilanjutkan, ditandai dengan peletakan batu pertama, Rabu (7/4) kemarin. Desain pemugaran masjid ini dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Dalam cuitannya di akun resmi Twitter, Ridwan Kamil menyebut ia sempat memberikan empat pilihan desain. Warga Gaza lantas memilih desain yang memiliki tiga struktur di depan.

"Oleh warga Gaza, saya diminta untuk mendesain dan menggalang dana. Dari empat pilihan desain yang saya berikan, inilah yang dipilih warga Gaza. Ada tiga struktur di depan yang mencerminkan filosofi Habluminallah, Habluminannas dan Hablumminalalam," tulisnya di akun @ridwankamil, dikutip Republika, Kamis (8/4).

Desain masjid tersebut mengusung konsep keseimbangan hubungan seorang muslim antara Yang Maha Kuasa, manusia dan alam. Konsep itu direpresentasikan lewat tiga bangunan utama masjid yang didesain dengan gaya futuristik.

Masjid tersebut nantinya akan dibangun tiga lantai. Tidak hanya untuk tempat shalat, bangunan ini juga akan menjadi tempat belajar atau madrasah.

RK dalam unggahannya juga menyebut dilakukan seremonial peletakan batu pertama secara virtual dari Gedung Pakuan Bandung.

Masjid Syeikh Ajlin pernah didirikan pada tahun 1957, di perkampungan Syaikh 'Ajlin. Tempat ibadah tersebut pernah mengalami renovasi beberapa kali.

Meski demikian, akibat serangan yang dilakukan Israel pada 2014, masjid tersebut mengalami kehancuran hingga yang tersisa hanya puing-puingnya.

"Tahun 2014 masjid penghasil ribuan Hafidz Quran ini hancur lebur oleh perang dengan Israel," cuit RK.

Terakhir, ia menyebut masjid tiga lantai ini masih membutuhkan uluran tangan dan kebaikan donatur dari Indonesia. Bantuan dibutuhkan agar masjid tersebut bisa berdiri tegak lagi dalam 14 bulan ke depan.

RK pun berharap agar Allah SWT dapat mempermudah urusan ini. Siapapun yang tergerak hatinya, dapat mengontak melalui akun Instagram @amanpalestin_id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.  

 

widget->kurs();?>