10 Ramadhan 1442

Mihrab Elemen Penting Arsitektur Masjid

Jumat , 09 Apr 2021, 01:41 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Mihrab Masjid Agung Kordoba di Spanyol.
Foto : Classes.colgate.edu
Mihrab Masjid Agung Kordoba di Spanyol.

IHRAM.CO.ID, KAIRO -- Sebelum adanya pengeras suara, gaung suara imam di mihrab masjid menarik perhatian jamaah sebagai pertanda dimulainya shalat. Dalam pemikiran sufi, gaung ini mengingatkan akan kemegahan kehadiran Yang Maha Kuasa.

"Inilah sebabnya mengapa mihrab menjadi elemen penting dalam interior masjid mana pun," kata Asisten Dosen di Sekolah Seni Rupa Universitas Helwan, Yara Hatem dilansir dari laman Ahram, Kamis (8/4).

Hatem selalu terpesona dengan mihrab, terutama yang ada di Masjid Ghouri dan mausoleum di Jalan El-Muez di Kota Tua Kairo.

"Kedua mihrab ini memiliki semuanya, desain geometris dan bunga, pemilihan material yang beragam, pengaruh aliran seni yang telah ada sebelum zaman Mamlouk, mereka memiliki semuanya dan mereka berdua cantik dan sederhana pada saat yang sama," ujarnya.

Baca Juga

Ketertarikan Hatem pada dua mihrab ini dan penerapan yang beragam di atasnya dari pelat bintang heksagonal kanan, yang telah dia pelajari panjang lebar, sering mendorongnya untuk memikirkan semua kemungkinan inspirasi yang dapat ditemukan oleh desain eksterior dan interior kontemporer dalam arsitektur Islam yang besar.