Jumat 09 Apr 2021 08:37 WIB

Rusia: AS Bukan Mitra yang Bisa Diandalkan

Rusia siap merespons setiap sanksi baru yang hendak dijatuhkan AS

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov
Foto: AP Photo/Alexander Zemlianichenko
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov

REPUBLIKA.CO.ID, NUR-SULTAN -- Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan negaranya siap merespons setiap sanksi baru yang hendak dijatuhkan Amerika Serikat (AS) kepada negaranya. Dia menyatakan semua upaya untuk menekan Moskow pasti gagal.

Lavrov menggambarkan kebijakan AS terhadap Rusia sebagai "buntu", bahkan "bodoh". Dia menekankan serangkaian sanksi Washington di masa lalu telah gagal merealisasikan tujuannya.

Baca Juga

"Tindakan seperti itu telah mengajari kami satu hal: Kami perlu mengandalkan diri kami sendiri karena AS dan sekutunya bukanlah mitra yang dapat diandalkan. Tentu saja kami akan menanggapi setiap langkah yang tidak bersahabat," kata Lavrov di sela-sela kunjungannya ke Kazakhstan pada Kamis (8/4).

Bulan lalu, Rusia menarik duta besarnya untuk AS Anatoly Antonov. Hal itu dilakukan sebagai respons atas komentar Presiden AS Joe Biden yang menyebut sebagai Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai pembunuh. Pernyataan itu dibuat Biden saat mengomentari kasus peracunan tokoh oposisi Rusia Alexei Navalny.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement