Sabtu 10 Apr 2021 11:50 WIB

Begini Persiapan Masjid Nabawi Sambut Ramadhan

Persiapan Masjid Nabawi Sambut Ramadhan

Jamaah melaksanakan sholat Jumat terakhir di 1441 Hijriyah di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Jumat (14/8). Jamaah mengenakan masker dan menjaga jarak.
Foto: SPA
Jamaah melaksanakan sholat Jumat terakhir di 1441 Hijriyah di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Jumat (14/8). Jamaah mengenakan masker dan menjaga jarak.

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Presidensi Umum Urusan Masjid Nabawi semakin gencar mempersiapkan masjid menjelang bulan suci Ramadhan sejalan dengan langkah pencegahan Covid-19.

Hanya orang-orang yang telah menerima dua dosis vaksin virus corona, orang yang telah pulih dari virus atau telah mendapatkan satu suntikan vaksin lebih dari 14 hari sebelum mengunjungi masjid ini.

Orang-orang ini nantinya adalah orang-orang yang dapat mengunjungi masjid atau berdoa di Raudah. Hal ini dilaporkan Saudi Press Agency (SPA). Raudah terletak di antara Kamar Suci (dikenal sebagai rumah Nabi) dan Mimbar Nabi.

Syarat masuk tersebut dengan status telah melakukan vaksinasi itu harus terdaftar di aplikasi Covid-19 Arab Saudi, Tawakkalna.

Tiga juta botol air Zamzam akan dibagikan kepada jamaah masjid dan pengunjung Masjid Nabawi selama Ramadhan. Ini berarti akan dibagikan 100 ribu botol air per hari. Hal ini disampaikan Presidensi Umum Urusan Masjid Nabawi.

"Setiap jamaah akan diberikan kurma dan air secara individual untuk buka puasa dan jarak sosial harus diamati setiap saat,'' kata Presidensi urusan Masjid Nabawi seperti. dilansir Arab News, Sabtu (10/4).

Kelaziman jamaah mengatur dan membagikan makanan sahur di halaman masjid juga dilarang. Itikaf (tinggal di masjid selama beberapa hari sambil beribadah) pun akan ditangguhkan untuk tahun kedua Ramadhan ini karena pandemi.

Jamaah juga diharuskan menggunakan aplikasi parkir nasional, Mawqif. Itu untuk memudahkan mereka keluar dari masjid.Ramadhan 2021 akan dimulai pada Senin atau Selasa di Kerajaan Arab Saudi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement