Niat Puasa Ramadhan, Arab, Latin dan Terjemahan

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Senin 12 Apr 2021 06:37 WIB

Niat Puasa Ramadhan, Arab, Latin dan Terjemahan Foto: Pixabay Niat Puasa Ramadhan, Arab, Latin dan Terjemahan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan suci Ramadhan disebut pula sebagai syahrul ibadah. Pada bulan ini, semua umat Islam diharuskan melakukan ibadah puasa mulai dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari.

Sebelum mulai berpuasa umat Islam harus mengucapkan niat puasa terlebih dahulu. Berikut ini niat puasa Ramadhan yang biasa diucapkan umat Islam usai sholat tarawih:

Baca Juga

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالىَ

"Nawaitu shouma ghodin an adaai fardlu syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aalaa".

Artinya, "Saya niat puasa besok, untuk menunaikan kewajiban berpuasa pada bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’aalaa".

Bagaimana orang-orang yang lupa berniat puasa, apakah masih sah puasanya? Ulama tafsir Alquran, Prof Quraish Shihab menjelaskan dalam bukunya yang berjudul M. Quraish Shihab Menjawab menurut pandangan mayoritas ulama, waktu berniat puasa adalah sejak tenggelamnya matahari hingga sesaat sebelum terbitnya fajar.

Menurut dia, mengucapkan niat tidak wajib, cukup tekad di dalam hati. Menurut Mazhab Abu Hanifah, jika seseorang berniat puasa Ramadhan sesudah terbitnya fajar, maka puasanya tetap sah.

Baca juga : Asbabun Nuzul Lahirnya Perintah Berpuasa Ramadhan

Di sisi lain, mazhab Maliki tidak mensyaratkan niat harus dilakukan setiap malam. Sebab, bagi mereka, niat berpuasa sebulan penuh di awal Ramadhan sudah cukup dan dengan demikian, tidak harus melakukan niat setiap hari.