Wisatawan Lokal Padati Lagoi Jelang Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Senin 12 Apr 2021 17:05 WIB

Wisatawan Lokal Padati Lagoi Jelang Ramadhan. Sejumlah wisatawan bercengkerama di Pantai Teluk Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, Ahad (1/11/2020). Pemerintah provinsi setempat menargetkan Pantai Teluk Lagoi dan sejumlah destinasi wisata lain di wilayahnya kembali bergeliat setelah dibukanya kembali jalur perbatasan Batam-Singapura.  Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra Wisatawan Lokal Padati Lagoi Jelang Ramadhan. Sejumlah wisatawan bercengkerama di Pantai Teluk Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, Ahad (1/11/2020). Pemerintah provinsi setempat menargetkan Pantai Teluk Lagoi dan sejumlah destinasi wisata lain di wilayahnya kembali bergeliat setelah dibukanya kembali jalur perbatasan Batam-Singapura.

REPUBLIKA.CO.ID, BINTAN -- Wisatawan lokal memadati kawasan wisata Lagoi di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), dua hari menjelang bulan Ramadhan 1442 Hijriyah/2021 Masehi, Ahad (11/4).

Sebelum masuk ke kawasan itu, para pengunjung diwajibkan menjalani scan barcode dengan menggunakan ponsel untuk memantau pergerakan wisatawan demi mencegah penyebaran Covid-19. Seperti biasa, pengunjung juga diharuskan mengenakan masker dan melakukan pengukuran suhu tubuh.

Baca Juga

"Kami pun diminta menunjukkan KTP, sebelum diizinkan masuk oleh petugas Satpam Lagoi," kata Rio, seorang warga Kijang, Bintan.

Sebagai wisatawan lokal, Rio menyambut baik upaya manajemen Lagoiguna mencegah penularan Covid-19, melalui penerapan protokol kesehatan ketat di pintu masuk kedatangan. Apalagi kawasan wisata eksklusif yang terkenal di berbagai negara itu sedang bersiap-siap menerima kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), setelah setahun lebih ditutup akibat pandemi Covid-19.

"Kami harap kondisi Lagoi seperti sebelum pandemi. Diramaikan oleh kunjungan wisman, di samping kunjungan wisatawan lokal," ujar Rio.

Berdasarkan pantauan, wisatawan lokal yang berkunjung ke Lagoi pada Minggu, didominasi warga Kota Tanjungpinang. Mereka rata-rata datang berombongan, memboyong keluarga atau kerabat untuk sekedar menikmati liburan akhir pekan, ditambah momen menyambut bulan puasa yang jatuh pada Selasa, 13 April 2021.

"Setahun sekali, jelang Ramadhan. Tak ada salahnya liburan bersama keluarga," kata Ansyari Idris, warga Tanjungpinang.

Warga Tanjungpinang lainnya, Erna Susanti, pun demikian. Dia bersama suami dan seorang anaknya berlibur ke Cassia Bintan di Lagoi, yang merupakan hotel apartemen dilengkapi kolam renang, lapangan golf, spa, dan pemandangan pantai indah nan menawan.

"Kami tidak menginap, cuma datang untuk berenang dan bermain di pantai," kata Erna.