Selasa 13 Apr 2021 13:05 WIB

BEI Beri Penghargaan Syariah untuk Indo Premier Sekuritas

PT Indo Premier Sekuritas dinilai menumbuhkembangkan pasar modal syariah.

Salah satu produk Indo Premier Sekuritas yaito IPOTSyariah
Foto: istimewa/tangkapan layar
Salah satu produk Indo Premier Sekuritas yaito IPOTSyariah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Indo Premier Sekuritas menerima penghargaan   sebagai institusi pendukung utama Pasar Modal Syariah Indonesia. Penghargaan  dari Bursa Efek Indonesia (BEI) ini diberikan karena kontribusi dan inovasi yang kerap dilakukan Indo Premier dalam menumbuhkembangkan pasar modal syariah.

Dalam acara peringatan satu dekade kebangkitan pasar modal syariah Indonesia, yang dilakukan secara online, Senin (12/4), BEI memberikan penghargaan kepada PT Indo Premier Sekuritas sebagai perusahaan sekuritas pertama pengembang sharia online trading system (SOTS) dan PT Indo Premier Investment Management sebagai Manajer Investasi Pertama Penerbit ETF Syariah.

Dalam siaran persnya, Direktur Utama PT Indo Premier Sekuritas, Moleonoto The mengatakan, sejak 2011, PT Indo Premier Sekuritas meluncurka SOTS bernama IPOTSyariah. Melalui IPOTSyariah, investor dapat transaksi saham di pasar modal tanpa takut melanggar prinsip syariah.

Indo Premier, kata Moleonoto, selalu bekomitmen mendukung perkembangan pasar modal syariah Indonesia. Hal ini didorong dengan banyaknya minat terhadap produk keuangan syariah dan aplikasi pendukungnya. Terbukti dengan sejak diluncurkannya SOTS IPOTSyariah, jumlah investor syariah di Indonesia melesat cukup pesat/ Lebih  dari 80.000 investor syariah pada tahun 2020.

Dijelaskanya, Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbanyak ke-4 di dunia, sehingga produk konsumsi maupun investasi yang sesuai prinsip syariah menjadi kebutuhan utama masyarakat. "Kini masyarakat yang ingin memulai investasi sesuai prinsip syariah di Pasar Modal dapat berinvestasi dengan nyaman dan mudah menggunakan IPOTSyariah,” ungkap Moleonoto, Selasa (13/4).

Selama hampir 1 dekade sejak diluncurkannya IPOTSyariah, menurut dia, jumlah investor syariah di Indo Premier Sekuritas telah mencapai lebih dari 20.000 investor, dengan nilai transaksi lebih dari Rp.1,3 triliun pada 2020.

Lebih dari sekedar mengembangkan IPOTSyariah sebagai SOTS pertama di dunia, Indo Premier Sekuritas melalui anak usahanya PT Indo Premier Investment Management juga menerbitkan Exchange Traded Fund Syariah pertama di Indonesia yaitu Premier ETF JII Syariah pada tahun 2013.

Sebagai SOTS pertama, IPOTSyariah memegang peranan penting dalam kebangkitan pasar modal syariah di Indonesia. Oleh karena itu, Indo Premier bekerja sama dengan DSN-MUI untuk selalu memastikan kesesuaian prinsip syariah dalam layanan IPOTSyariah. "Selain itu, akses edukasi dan informasi mengenai investasi syariah juga kami tingkatkan melalui edukasi rutin gratis secara daring melalui webinar,” jelasnya.

Indo Premier Sekuritas pun turut meramaikan satu dekade pasar modal syariah di Indonesia dengan berbagai kegiatan campaign untuk seluruh nasabah Indo Premier yang membeli saham syariah, reksa dana syariah atau ETF syariah pada bulan Ramadhan 2021 akan mendapatkan hadiah dengan total hadiah puluhan juta rupiah. Selain itu, Indo Premier Sekuritas juga akan menyumbangkan 10% dari transaksi investor syariah pada periode 12 – 30 April 2021 ke lembaga amil zakat nasional. "Kami optimistis Pasar Modal Syariah dapat menjadi masa depan pasar modal Indonesia," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement