Selasa 13 Apr 2021 13:42 WIB

Klaim Uji Puluhan Ribu Orang, Korut: Tak Ada Kasus Covid-19

Korea Utara telah menguji 23.121 orang untuk Covid-19 hingga 1 April lalu

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nur Aini
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un
Foto: EPA-EFE/KCNA
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG — Berdasarkan laporan terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, Korea utara masih mengklaim tidak memiliki kasus Covid-19 yang terkonfirmasi. Meskipun, selama sepekan pihaknya rutin menguji lebih dari 700 spesimen.

Mengutip NK Selasa (13/4), Korea utara menyebut telah menguji sekitar 732 orang sejak 26 Maret hingga 1 April, dan tidak ada yang terkonfirmasi positif. Namun demikian menurut laporan, dari 115 yang ada, dinyatakan mereka memiliki gejala ‘penyakit mirip influenza atau infeksi saluran pernapasan akut yang parah.'

Baca Juga

Secara total, Korea Utara telah menguji 23.121 orang untuk Covid-19 hingga 1 April lalu. Namun demikian, selama 10 pekan sejak Januari dan Maret, laporan WHO tidak menyertakan nomor pengujian dari DPRK.

Awal pekan ini, pejabat WHO dikonfirmasi bahwa rencana untuk mengirimkan sekitar 1,7 juta dosis vaksin AstraZeneca Covid-19 ke Korea Utara ditunda. Sementara itu, surat kabar Rodong Sinmun yang dikelola pemerintah Korea Utara, menggarisbawahi pentingnya memperkuat tindakan karantina di lokasi konstruksi pada 10 April. Mereka mendesak pembaca untuk mengingatkan diri mereka sendiri tentang aturan kebersihan publik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement