Rabu 14 Apr 2021 18:36 WIB

Muhammadiyah Resmikan Lima RS di Jateng

uhammadiyah turut hadir dalam membantu masyarakat di bidang pelayanan kesehatan.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Fernan Rahadi
Logo Muhammadiyah.
Foto: Wikipedia
Logo Muhammadiyah.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- PP Muhammadiyah meresmikan lima Rumah Sakit di bawah naungan Muhammadiyah yang berlokasi di Provinsi Jawa Tengah secara serentak. Peresmian dipusatkan di Rumah Sakit (RS) Hj Fatimah Sulhan PKU Muhammadiyah Demak, Jateng, akhir pekan lalu.

Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sofyan Anif, turut melakukan pemotongan pita dalam peresmian Rumah Sakit (RS) Hj Fatimah Sulhan PKU Muhammadiyah Demak.

Empat rumah sakit lainnya yang diresmikan meliputi RS PKU Muhammadiyah Wonogiri, RS PKU Muhammadiyah Bobotsari Purbalingga, RS Muhammadiyah Pedan Klaten dan RS Aisyiyah Jepara.

Dalam sambutannya, Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir, menyampaikan Muhammadiyah turut hadir dalam membantu masyarakat di bidang pelayanan kesehatan.

"Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa Muhammadiyah turut hadir untuk membantu memajukan bangsa dan negara, di bidang pelayanan kesehatan," terang Haedar seperti tertulis dalam siaran pers, Selasa (13/4).

Sementara itu, Rektor UMS Sofyan Anif berpesan agar rumah sakit Muhammadiyah bisa memberikan kotribusi dalam bidang kesehatan di daerah Demak dan sekitarnya bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua PD Muhammadiyah Demak, Fuad Al Hamidy bercerita asal usul dari nama Rumah Sakit (RS) Hj Fatimah Sulhan yang diambil dari nama pewakaf sebagai bentuk penghormatan spirit beramal.

"Nama rumah sakit ini diabadikan dari nama kedua orang tua pewakif. Yaitu, Hj Fatimah dan H Sulhan sebagai penghormatan sekaligus spirit beramal yang diharapkan selalu menjadi motivator kita semua," jelas Fuad.

Rumah Sakit Hj Fatimah Sulhan PKU Muhammadiyah Demak berdiri di atas tanah wakaf seluas 1,5 hektare yang diberikan sesepuh dan tokoh masyarakat Demak yakni almarhum Sunaryo dan Sugiarto. Semula tanah wakaf seluas 1 hektare kemudian mendapat tambahan wakaf warga Muhammadiyah dan kaum muslimin Demak seluas 5.000 meter persegi, sehingga luas tanah seluruhnya sekitar 1,5 hektare.

Fasilitas Rumah Sakit Hj Fatimah Sulhan PKU Muhammadiyah Demak terdiri dari tiga lantai dengan kapasitas tempat tidur sebanyak 100 tempat tidur. Selain itu pelayanan yang dimiliki antara lain, unit gawat darurat 24 jam, pelayanan medik umum, pelayanan medik spesialis (spesialis penyakit dalam dan spesialis anak), pelayanan medik spesialis penunjang berupa radiologi dan patologi klinik, pelayanan kefarmasian, penunjang klinis dan pelayanan bank darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement