Kamis 15 Apr 2021 16:10 WIB

Surat Yasin dan Sebab Penamaannya

Surah Yasin juga namakan Jantung Alquran (Qalb Alquran).

Alquran
Foto: alarabiya.net
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surat ini dinamakan Yasin karena dimulai dengan kata tersebut. Menurut sebagian ulama, Yasin adalah nama lain Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam.

Penyebutan huruf-huruf abjad pada permulaan beberapa surat Alquran memberikan pesan bahwa Alquran yang diturunkan kepada Nabi Muhamamd terdiri dari huruf-huruf yang biasa digunakan oleh masyarakat Arab. 

Baca Juga

Meski demikian, mereka tidak mampu menandingi dan membuat yang serupa dengannya. Di sinilah letak kemukjizatan Alquran. Sesudah huruf-huruf semisal Yasin ini dinamakan Al Huruf Al Muqattaáh biasanya Allah mengemukan hal yang penting.

Dalam surah ini misalnya, sesudah menyebut Yasin, Allah SWT bersumpah bawa Nabi Muhammad benar-benar seorang Rasul yang diutus kepada kaum yang belum pernah diutus kepada mereka seorang Rasul sebelumnya.

 

Surah Yasin juga namakan Jantung Alquran (Qalb Alquran). Hal ini merujuk pada hasi Rasulullah yang menyatakan,"Segala sesuatu memiliki jantung, dan jantung Alquran adalah Yasin."

Menurut Al Gazali, Yasin dinamakan jantung Alquran karena inti uraianya berkisar pada keimanan yang baru dapat dinilai benar dengan pengakuan terhadap hari Akhir. Sama halnya dengan peran jantung dalam kesehatan dan kehidupan manusia, keimanans eseorang baru dinilai benar jika disertai dengan keimanan terhadap Hari Kebangkitan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement