Memilih Menu Berbuka dan Sahur yang Tepat

Red: Agung Sasongko

Kamis 15 Apr 2021 22:33 WIB

Roti bakar simpel yang padat gizi untuk inspirasi menu sahur. Foto: Freepik Roti bakar simpel yang padat gizi untuk inspirasi menu sahur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memilih menu berbuka dan sahur yang tepat akan memenuhi kebutuhan selama berpuasa. Pemilihan ini terkadang terabaikan.

Dokter spesialis gizi klinik, dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK menjelaskan, menu sahur yang disarankan adalah menu lengkap gizi dengan protein dan serat yang cukup, mengandung lemak baik, seperti alpukat, dan upayakan tanpa pengolahan makanan dengan cara digoreng.

Baca Juga

Kurangi juga makanan yang tinggi garam karena dapat membuat lebih haus ketika berpuasa. Tidak perlu terlalu banyak mengonsumsi menu sahur, 30-40 persen dari kebutuhan energi harian sudah cukup.

"Pada saat berbuka puasa sebaiknya utamakan mengonsumsi buah-buahan dan pastikan asupan serat cukup. Buah kurma sangat baik untuk menu berbuka puasa, begitu pula buah-buahan lainnya," kata dr. Tirta.

Mengonsumsi buah potong dan tiga butir kurma adalah cara terbaik dilakukan saat berbuka. Buah-buah ini tidak perlu dibuat dalam bentuk jus.Kurma dapat juga dicampur di dalam oatmeal dan susu almond, menjadi overnight oats atau Anda juga bisa menambahkan kacang-kacangan agar semakin lengkap proteinnya.

Jika ada waktu, Anda dapat juga membuat kue dari oat dengan tambahan kurma untuk memberikan unsur manis, atau tambahan madu atau stevia cair. 

Namun terlepas dari semua itu, semakin sederhana cara pengolahannya, maka semakin baik, karena kita dapat terhindar dari penambahan kalori dari bahan-bahan lainnya.

 

 

Terpopuler