29 Ramadhan 1442

Teknologi Pra-Islam yang Menginspirasi Peradaban Islam

Jumat , 16 Apr 2021, 16:52 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Situs Arkeologi Romawi Ditemukan di Amman
Foto : gulfnews
Situs Arkeologi Romawi Ditemukan di Amman

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Majunya peradaban Islam dari sisi teknologi tak lepas dari penemuan-penemuan penting. Basis utama kemajuan dan perkembangan peradaban Islam diperoleh dari peradaban-peradaban sebelumnya seperti Timur dekat dan Mediterania Timur seperti China, India, Bizantium, Romawi, dan Yunani.

Menariknya, perkembangan teknologi tak lepas dari karya nyata. Berbagai karya peninggalan Hellenistik, sebuah periode yang mengacu pada masa dan kebudayaan Yuiunani seperti Philon dari Bizantium (Abad ke-3 SM), Ctesibios (abad ke-3 SM), dan Vitruvius (abad ke-1 SM), dan Heron dari Iskandariyah (Abad ke-1 M). Mereka ini yang kemudian menginspirasi umat Islam melalui rancangan irigasi, konstruksi bangunan, jam air, dan mesin-mesin tenunnya.

Ilmu mekanika misalnya, umat Islam mempelajarinya melalui karta Vitrivius, De Architetura, yang mengurai beberapa teknik dan peralatan yang dugunakan dalam mekanika dan kontrksi bangunan. Vitruvius juga menerangkan hasil rancangan Ctebios berupa jam air yang rumit, dan peralatan lainnya.

Philon dan penerusnya Heron telah membuat peralatan yang degan cerdas menerapkan prinsip-prinsip mekanika, aerostatika, dan hidrostatika.Kincir angin yang sebelumnya sudah digunakan oleh orang Yunani untuk menggiling jagung sejak abad ke-7 SM, kemudian dimodifikasi dan disempurnakan untuk berbagai keperluan industri lain di dunia Islam. 

Baca Juga