29 Ramadhan 1442

Masjidil Haram Tambah Ruangan untuk Difabel

Senin , 19 Apr 2021, 09:56 WIB Reporter :Ratna Ajeng Tejomukti/ Redaktur : Muhammad Hafil
Masjidil Haram Tambah Ruangan untuk Difabel. Foto:  Jamaah melaksanakan sholat subuh pertama bulan suci Ramadhan 1442 H dengan menerapkan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Makkah, Selasa (13/4).
Masjidil Haram Tambah Ruangan untuk Difabel. Foto: Jamaah melaksanakan sholat subuh pertama bulan suci Ramadhan 1442 H dengan menerapkan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Makkah, Selasa (13/4).

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Departemen Umum Urusan Penyandang Disabilitas telah mengalokasikan tempat sholat bagi penyandang disabilitas pada perluasan masjid di Saudi tahap ketiga. Perluasan masjid bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, sejalan dengan rencana kepresidenan yang mengalokasikan ekspansi ketiga Saudi untuk tempat shalat.

Dilansir di alriyadhdaily.com Direktur Jenderal Departemen Umum Urusan Penyandang Disabilitas Faisal Al-Judi mengatakan bahwa departemen mengawasi semua layanan yang diberikan kepada penyandang disabilitas. Dia menegaskan  Presiden Jenderal Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Sheikh Abdulrahman Al-Sudais memberikan dukungan langsung, baik  perhatian dan kepedulian  pelayanan terbaik bagi penyandang disabilitas.

Dilansir di theholymosque.com, Proyek perluasan Saudi ketiga mencakup sejumlah elemen penting, terutama penambahan gedung baru di Masjidil Haram dari utara, yang secara arsitektural berorientasi ke arah Kakbah. Pembangunan perluasan gedung dilakukan dengan total luas bangunan untuk  300 ribu tempat salat, tiga lantai dengan lima tingkat hingga ke lantai atap, dengan basement yang sedang dibangun untuk infrastruktur kelistrikan dan mekanik serta berbagai departemen.

Desain fasad dan konstruksi mempertahankan karakter arsitektural Haramand juga dipertimbangkan. Selain marmer abu-abu Haram dari tambang Lembah Fatima, unit beton pracetak digunakan dalam pengerjaan fasad internal dan eksternal baru, dan karya dekoratif eksternal fasad bangunan, selain kaca dan kristal.

Baca Juga

Perluasan baru mencakup 188 pintu utama dan cabang. Bagian ini dirancang dengan spesifikasi berkualitas tinggi yang memungkinkannya bertahan selama lebih dari 120 tahun, yang semuanya dapat dibuka dan ditutup dengan mudah sesuai dengan visi pengelolaan kerumunan melalui kontrol otomatis. Gerbang utama, dengan lebar 59 meter dengan dua menara menjulang setinggi 137 meter, serta dua menara serupa untuk fasad timur dan barat.

Konsep desain didasarkan pada pembuatan mushola dan koridor lalu lintas berdasarkan desain struktural dengan mengadopsi ide mendesain bangunan secara melingkar, penerangan alami, berpusat di Kakbah, dikelilingi ruang-ruang konstruksi yang besar.

Di kedua sisi koridor utama, ruang sholat dibagi menjadi empat tingkat yang berbeda, berpusat dengan 18 halaman dalam dengan ketinggian bangunan. Tujuannya adalah untuk memudahkan kepresidenan atau orang banyak dari ekspansi Saudi ketiga dan bangunan yang ada untuk menghubungkan lantai bangunan yang berbeda, dan ditutupi dengan atap kaca dan kubah yang memungkinkan untuk dibuka untuk digunakan dari penerangan alami dan ventilasi di kondisi iklim yang sesuai, selain itu empat kubah menggunakan unit mozaik emas.

Bangunan perluasan diatapi oleh kubah utama yang dapat digerakkan dengan diameter 36 meter dan tinggi 82 meter. Desainnya mempertimbangkan ventilasi yang diperlukan dan pencahayaan alami, serta sistem pemadam kebakaran dan pembuangan udara, yang didekorasi dengan kombinasi kualitas tinggi dan kualitas unik dari kayu langka.

Pada finishing interior, marmer digunakan di lantai berbentuk bujur sangkar, selain penggunaan marmer di kolom, serta tembaga berlapis emas. Ini juga digunakan dalam pelapis dinding dan syair dekoratif.

Langit-langitnya dihiasi dengan ubin berlapis emas dan kristal untuk digunakan sebagai unit pencahayaan tambahan dengan berbagai elemen pencahayaan dan lampu gantung menghiasi ruang interior, serta sejumlah besar lampu gantung raksasa dengan warna berlapis emas.

Dindingnya dihiasi ayat-ayat Alquran dengan panjang manuskrip lebih dari seribu meter. Kristal terbaik di dunia digunakan di Electrolier, yang secara khusus dibuat untuk Masjid Mekah di pabrik-pabrik terbaik Austria dan Republik Ceko.

Semua hal di atas sejalan dengan perluasan gedung perluasan baru, 158  elevator, serta 86 rangkaian listrik yang melayani segala arah dan fasilitas untuk memenuhi semua kebutuhan lansia dan kebutuhan khusus.

 

widget->kurs();?>