29 Ramadhan 1442

Akhirnya, Masjid Taksim Diresmikan di Istanbul

Selasa , 20 Apr 2021, 11:34 WIB Redaktur : Esthi Maharani
Masjid Taksim, Istanbul, Turki
Masjid Taksim, Istanbul, Turki

IHRAM.CO.ID, ANKARA -- Masjid Taksim Istanbul yang telah lama ditunggu-tunggu akhirnya akan dibuka pada 7 Mei 2021. Masjid tersebut akan mampu menampung hingga 2.250 orang, serta memiliki ruang konferensi, pameran, dan akan segera siap melayani semua Muslim baik lokal maupun pendatang.

Dilansir dari Daily Sabah, Selasa (20/4), upaya pembangunan masjid di Lapangan Taksim Istanbul ini sudah muncul sejak 1950-an. Tetapi tidak ada yang berhasil karena kerumitan birokrasi.

Pembangunan masjid baru terealisasikan pada 17 Februari 2017. Setelah empat tahun dibangun, akhirnya masjid yang memiliki luas tanah 2.482 meter persegi (26.716 kaki persegi) dan luas pembangunan sekitar 16.500 meter persegi akan segera dibuka.

Masjid Taksim terletak di tengah salah satu bagian tersibuk di Istanbul, untuk memenuhi kebutuhan umat beriman karena hanya ada dua masjid kecil di daerah tersebut. Masjid, yang terletak di dekat beberapa gereja dengan yang paling umum adalah Gereja Ortodoks Yunani Hagia Triada, adalah cerminan toleransi Istanbul terhadap agama dan kelompok etnis.

Masjid Taksim didesain oleh dua arsitek Turki dengan gaya art deco. Masjid tiga lantai ini akan memiliki tempat parkir bawah tanah serta ruang konferensi dan pameran.

Pengerjaan pengecatan di dalam masjid telah selesai. Pelat Alquran yang ditulis oleh ahli kaligrafi Turki terkenal Davut Bektaş dan Adem Turan juga telah selesai dibuat.

Pada 1952, “Persatuan Bangunan dan Pemeliharaan Masjid Taksim” didirikan dengan tujuan untuk membangun masjid di Alun-alun Taksim. Belakangan, asosiasi itu ditutup setelah kudeta 1980 di Turki.

Dewan Negara menghentikan proyek Masjid Taksim pada 1983 dengan alasan bahwa itu "bukan untuk kepentingan umum."

Namun, impian Masjid Taksim tetap menjadi agenda selama pemerintahan Turgut Özal pada 1980-an dan Necmettin Erbakan pada 1996. Proyek ini selalu mendapat sorotan di media dan menghadapi kendala hukum.

Pembangunan masjid dianggap "tidak perlu" oleh pemerintah masa lalu, dan setiap upaya untuk membangunnya telah menghadapi tentangan sengit dari elit sekuler yang berpendapat bahwa itu adalah tindakan Islamisasi.

Masjid tersebut disetujui pada Januari 2017 oleh Dewan Pelestarian Monumen Budaya, yang mengawasi pembangunan di situs bersejarah yang dilestarikan. Sehingga menyelesaikan rintangan terakhir untuk pembangunan masjid yang telah lama diperjuangkan oleh Presiden Recep Tayyip Erdoğan sejak hari-harinya sebagai walikota kota di tahun 1990-an.

Erdogan terpilih sebagai walikota kota itu pada 1994, telah berulang kali mendorong pembangunan masjid meskipun menghadapi tentangan. Presiden mengusulkan pembangunan masjid di daerah itu ketika pihak berwenang merencanakan renovasi menyeluruh Alun-Alun Taksim empat tahun lalu.

Pada upacara peresmian pembangunan masjid pada 17 Februari 2017, mantan Walikota Istanbul Kadir Topbaş mengatakan bahwa Masjid Taksim bukanlah "kemenangan karena suatu tujuan" melainkan "pembentukan pemahaman tentang kebutuhan manusiawi."

 

widget->kurs();?>