Selasa 20 Apr 2021 13:01 WIB

Teladan Rasulullah SAW dan Delapan Dirham yang Penuh Berkah

Berbekal uang delapan dirham, Rasulullah hendak membeli pakaian dan kebutuhan lainnya

Dinar dan dirham (ilustrasi).
Foto: Wordpress.com
Dinar dan dirham (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Suatu hari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam pergi berbelanja. Berbekal uang delapan dirham, Rasulullah hendak membeli pakaian dan peralatan rumah tangga. Belum juga sampai di pasar, beliau mendapati seorang perempuan tengah menangis. Perempuan itu kehilangan uang sebesar dua dirham. 

Untuk menghibur perempuan tersebut, Rasulullah SAW mengeluarkan uang dua dirham guna mengganti uang yang hilang. Uang Rasulullah kini tinggal enam dirham, beliau pun bergegas untuk membeli gamis, pakaian kesukaannya.

Baca Juga

Usai membeli gamis, seorang yang tua lagi miskin berteriak,"Barang siapa yang memberi pakaian, Alah akan mendandaninya kelak."

Sesaat Rasulullah memeriksa laki-laki tersebut, pakaiannya lusuh, tak pantas lagi dipakai. Kemudian, Rasul melepas gamis yang baru saja dibelinya untuk diberikan kepada pria tua tersebut. Beliau tak jadi mengenakan gamis barunya.

Melanjutkan perjalanan, Rasulullah SAW berjumpa dengan seorang perempuan yang tadi diberinya dua dirham. Perempuan itu kembali mengadukan persoalannya kepada Nabi Muhammad SAW.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement