27 Ramadhan 1442

Petroglif Batu Bir Hima Saudi Miliki Gambar Unta Raksasa

Selasa , 20 Apr 2021, 13:19 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Ani Nursalikah
Petroglif Batu Bir Hima Saudi Miliki Gambar Unta Raksasa. Bir Hima di Najran di barat daya Arab Saudi merupakan salah satu situs seni cadas di Najran yang berisi banyak petroglif, termasuk unta.
Petroglif Batu Bir Hima Saudi Miliki Gambar Unta Raksasa. Bir Hima di Najran di barat daya Arab Saudi merupakan salah satu situs seni cadas di Najran yang berisi banyak petroglif, termasuk unta.

IHRAM.CO.ID, NAJRAN -- Wilayah Najran di barat daya Arab Saudi memiliki warisan budaya yang mendalam dan membedakannya dari wilayah lain. Kota ini merupakan rumah bagi situs arkeologi dengan petroglif, prasasti, bangunan tua dan kastil.

Bir Hima merupakan salah satu situs seni cadas di Najran yang berisi banyak petroglif, termasuk unta. Bir Hima atau sumur Hima, terletak sekitar 130 kilometer dari kota Najran ke utara, di situs sejarah Hima di provinsi Thar.

Dilansir di Al Arabiya, Selasa (20/4), sumur tersebut diprediksi berasal dari 7000 hingga 1000 SM. "Sumur bersejarah adalah bagian dari kalender peradaban dan arkeologi yang tersebar di seluruh wilayah Najran dan gubernur afiliasinya. Sumur ini dikaitkan dengan pertemuan manusia," tulis Saudi Press Agency dalam laporannya pada 2018.

Tak hanya itu, laporan tersebut juga menambahkan jika hingga hari ini sumur Hima masih mengalirkan air tawar. Pada 2015, Komite Warisan Dunia UNESCO memasukkan seni cadas di wilayah Ha'il Arab Saudi dalam Daftar Warisan Dunia. Ha'il adalah kota yang terletak di barat laut Kerajaan.

Baca Juga

Menurut UNESCO, seni cadas Jabal Umm Sinman Jubbah dan Jabal al-Major dan Jabal Raat dekat Shuwaymis mengandung sejumlah besar petroglif. Warisan budaya dan sejarah ini dibuat dengan menggunakan berbagai teknik, menggunakan palu batu sederhana dan merupakan ekspresi visual yang menakjubkan dari manusia jenius yang kreatif. 

https://english.alarabiya.net/News/gulf/2021/04/19/Bir-Hima-rock-petroglyphs-in-Saudi-Arabia-s-Najran-include-image-of-camel

 

widget->kurs();?>