Muslim Worcester Kumpulkan Dana Bangun Masjid

Jumat , 23 Apr 2021, 07:46 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Muslim Worcester Kumpulkan Dana Bangun Masjid (ilustrasi).
Muslim Worcester Kumpulkan Dana Bangun Masjid (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,WORCESTER -- Asosiasi Kesejahteraan Muslim Worcester (WMWA) berupaya menggalang dana untuk membangun masjid baru di Stanley Road. Total dana yang dibutuhkan untuk masjid ini adalah 3,5 juta Poundsterling atau Rp 70,7 miliar.

 

Terkait

Proses penggalangan dana ini sempat terhenti selama pandemi, ketika tempat-tempat ibadah harus ditutup. Kini, upaya ini kembali dilanjutkan dengan kondisi mendesak.

WMWA, organisasi yang berada di belakang rencana tersebut, mengatakan mereka berjuang untuk mengumpulkan uang sebelum izin perencanaan berakhir pada Desember 2021.

"Ini adalah mega proyek, kami ingin semuanya sempurna," kata Ketua WMWA, Harris Saleem, dikutip di Worcester News, Kamis (22/4).

Rencananya, pembangunan masjid ini memerlukan empat fase. Mereka menargetkan pembangunan fondasi sudah dilakukan sebelum akhir tahun.

Meskipun asosiasi lebih memilih untuk mengumpulkan uang sebanyak mungkin, Saleem mengatakan dirinya akan memulai proyek bahkan jika jumlah uang yang dimiliki belum terkumpul sepenuhnya.

Masjid tersebut telah mengumpulkan dana sebesar setengah juta Poundsterling untuk proyek ini, sepanjang 2019. Sejak itu, mereka juga menerima sumbangan melalui situs web dan aplikasi seluler, dalam upaya mencari sponsor bulanan jika memungkinkan.

Halaman pengumpulan dana GoFundMe, secara terpisah juga telah disiapkan untuk pengembangan penerimaan bantuan. Total dana yang saat ini dikumpulan melalui situs ini mencapai lebih dari £ 600.000 Poundsterling atau Rp 12,1 miliar.

Permohonan terbaru penggalangan dana oleh Asosiasi ini disiarkan di saluran Sky Takbeer TV, Ahad (18/4). Dalam waktu empat jam, telah terkumpul dana sebesar 100ribu Poundsterling atau senilai Rp 2 miliar.

Di sisi lain, anggota WMWA menyampaikan sambutan meminta sumbangan dari masjid Tallow Hill antara pukul 15.00 dan 20.00, di hari yang sama.

“Kami termotivasi untuk menyatukan komunitas, dengan hormat dan harmonis. Ada suasana damai di Worcester, kami menghormati satu sama lain dan berharap komunitas akan mendukung kami dengan donasi," lanjut Saleem.

Uang tersebut rencananya akan digunakan untuk memulai pembangunan Fase 1. WMWA memiliki target masjid selesai dibangun pada 2025.

Ketika ditanya apakah mereka akan berupaya untuk memperpanjang izin perencanaan jika sisa uang senilai 3,5 juta Pound tidak segera didapatkan, Saleem berkata pihaknya tidak ingin menempuh rute itu.

Komite perencanaan dewan menyetujui rencana proyek tersebut pada bulan Desember 2018. Pembangunan masjid baru ini dilakukan dengan tujuan melayani lebih banyak jamaah di komunitas lokal.

Masjid baru ini akan menampung hampir seribu jamaah dan memiliki fasilitas terpisah untuk muslimah. Pembangunan tempat ibada ini juga mengacu pada program "ruang ramah lingkungan", dengan menyediakan perpustakaan, pusat olahraga dan gym. 

 

 

Sumber: https://www.worcesternews.co.uk/news/19248933.worcester-muslim-welfare-association-raises-100k-four-hours-new-mosque/

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini