Sabtu 24 Apr 2021 05:25 WIB

Ustadz Abdul Somad Jelaskan Makna di Balik Doa Qunut

Penting untuk terus meminta hidayah kepada Allah SWT.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Ani Nursalikah
Ustadz Abdul Somad Jelaskan Makna di Balik Doa Qunut
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ustadz Abdul Somad Jelaskan Makna di Balik Doa Qunut

REPUBLIKA.CO.ID, TELUN KENAS -- Ustadz Abdul Somad Batubara atau akrab disapa UAS menjelaskan 12 makna yang terkandung di balik doa qunut. Dalam ceramahnya di Tenun Kenas, Sumatra Utara, ia menuturkan satu per satu makna di balik bacaan qunut. 

للّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ

Baca Juga

“Berikanlah kami hidayah sebagaimana kau berikan hidayah kepada orang-orang sebelum kami.” 

Hidayah, kata UAS, adalah tanda yang diberikan Allah SWT kepada manusia agar mereka dapat berjalan di jalan yang benar. Sedangkan, orang-orang yang mendapatkan hidayah disebut muhtadin

Pendakwah berdarah Melayu ini mengatakan, penting untuk terus meminta hidayah kepada Allah SWT agar menjaga hati tetap dan terus lurus. “Hati manusia selalu berubah-ubah, gampang tergoda, maka penting untuk terus meminta hidayah dan bimbingan Allah SWT agar kita tidak tersesat,” ujarnya yang dikutip Republika.co.id dari ceramah virtual yang diunggah dalam saluran Youtube Ustadz Abdul Somad Official, Jumat (23/4).  

وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ

“Berikan kami kesehatan sebagaimana engkau berikan pada orang-orang sebelum kami.”

Kata ‘Afait’, kata UAS, bermakna kesehatan atau kebaikan secara menyeluruh, baik fisik, rohani, maupun lainnya. “Maka, yang dinamakan sehat walafiat adalah keadaan di mana dia sehat dan baik fisik, mental, dan perkara lain,” ujarnya menjelaskan.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement