Sabtu 24 Apr 2021 08:00 WIB

Pesepakbola Ini Sumbang Rp 77 Juta untuk Pembangunan Masjid

Pembangunan masjid mendapat sumbangan dari seorang pesepokba.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Pesepakbola Ini Sumbang Rp 77 Juta untuk Pembangunan Masjid. Foto: Penyerang Nigeria, Ahmed Musa
Foto: Sports Illustrated
Pesepakbola Ini Sumbang Rp 77 Juta untuk Pembangunan Masjid. Foto: Penyerang Nigeria, Ahmed Musa

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Civitas Sekolah Menengah Militer Bukavu di Kano, Nigeria begitu gembira ketika kapten timnas Nigeria, Ahmed Musa berkunjung ke sekolah itu pada Kamis (22/4). Terlebih pesepakbola Muslim itu menyumbang 579 ribu Shilling Kenya atau 2 juta Naira Nigeria atau sekitar Rp 77 juta untuk pembangunan masjid.

Seperti dilansir Tuko pada Sabtu (24/4) pesepakbola Muslim yang menjadi bintang di timnas berjuluk Super Eagles itu memang dikenal dengan pengabdiannya pada masyarakat. Berdasarkan laporan Kano Pillars yaitu klub yang kini dibela Musa, Musa pergi ke sekolah itu setelah mengikuti sesi latihan. Ia pun disambut dengan baik. Tak hanya berdonasi untuk pembangunan masjid di sekolah itu. Kano Pillars mengatakan Musa juga berjanji akan merenovasi ruang kelas di sekolah itu dan menyediakan kebutuhan lainnya.  

Baca Juga

Musa yang pernah bermain di Leicester City itu juga berbincang dengan para siswa di sekolah itu. Ia mengingatkan para siswa agar menjauhi segala hal yang dapat menghancurkan karir mereka dalam pendidikan.

Sementara itu Direktur Sekolah Menengah Militer Bukavu, Yusuf Saidu mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Ahmed Musa atas bantuan yang diberikan. Ia pun mendoakan Musa agar mendapatkan lebih banyak keberkahan.

Rekan setimnya di Kano Pillars yang berposisi sebagai penjaga gawang, Suraju Ayeleso memuji perbuatan baik Musa. Ayeleso mengakui keberadaan Musa juga telah meningkatkan moral para pemain lainnya di klub.

"Saya harus mengakui bahwa Ahmed Musa telah menjadi seperti tonik bagi kami sejak dia bergabung kembali dengan Kano Pillars dan saya akan terus menghargai fakta bahwa saya saat ini adalah rekan satu timnya. Apa yang dia lakukan di Sekolah Menengah hanyalah salah satu hal baik yang dilakukan Ahmed Musa yang luar biasa,"kata Ayeleso.

Musa menjadi pemain bebas sejak meninggalkan klub Liga pro Saudi  Al Nassr pada Oktober 2020. Kini Kapten Super Eagles itu akan bersama klub Kano Pillars selama sisa musim Liga Sepak Bola Profesional Nigeria (NPFL) periode 2020-2021.

Musa baru-baru ini membongkar keputusannya untuk kembali ke NPFL, ia mengatakan  bahwa keputusannya bergabung kembali dengan Pilar Kano adalah untuk membantu meningkatkan citra Liga. Musa memang pernah membintangi Kano Pillars pada 2009 dan 2012 sebelum pindah ke Eropa untuk bergabung dengan VVV-Venlo dengan status pinjaman dan kemudian tampil untuk CSKA Moscow, Leicester City dan Al Nassr. Namun kini ia telah kembali ke klub lamanya itu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement