Danau Sunter 2 Lokasi Favorit Ngabuburit Warga Jakarta

Red: Agung Sasongko

Ahad 25 Apr 2021 20:29 WIB

Warga menaiki becak air saat berekreasi di Danau Sunter, Jakarta, Rabu (24/3/2021). Danau Sunter menjadi tujuan wisata alternatif warga selain sejumlah taman dan hutan kota yang mulai dibuka saat pemberlakuan PPKM Mikro di ibu kota. Foto: ANTARA/Wahyu Putro A Warga menaiki becak air saat berekreasi di Danau Sunter, Jakarta, Rabu (24/3/2021). Danau Sunter menjadi tujuan wisata alternatif warga selain sejumlah taman dan hutan kota yang mulai dibuka saat pemberlakuan PPKM Mikro di ibu kota.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga Jakarta menjadikan Danau Sunter 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, sebagai tempat untuk menunggu berbuka puasa atau ngabuburit di akhir pekan. Tepat pukul 16.57 WIB petang, sejumlah pengunjung sudah bertebaran membawa keluarga kecilnya untuk sekedar duduk di pinggir danau atau menaiki sepeda air berbentuk bebek (sepeda bebek).

"Ayo nomor 22 waktunya sudah habis, segera merapat ke dermaga karena waktunya 20 menit saja," demikian penjaja sepeda bebek dari pengeras suara yang terdengar di sekitar danau itu di Jakarta Utara, Ahad (25/4).

Adapun tarif menaiki sepeda bebek hanya Rp20.000.Selain perahu bebek, ada juga yang menaiki perahu naga. Perahu itu awalnya bisa diisi belasan orang, namun karena pandemi maka satu perahu naga hanya diisi beberapa saja.

Seorang ibu rumah tangga beserta anaknya hingga remaja tampak diingatkan petugas untuk mematuhi protokol kesehatan seperti membawa masker dan menjaga jarak fisik, saat menaiki perahu naga itu.

Adapun tarif menaiki perahu naga Rp10.000 per orang untuk satu kali putaran danau.Danau Sunter, yang luasnya 33 hektare, dibangun tahun 1970-an. Danau itu terbagi menjadi dua bagian, yakni Danau Sunter 1 di bagian barat yang berfungsi sebagai penampung air dan Danau Sunter 2 di timur untuk sarana rekreasi.