Senin 26 Apr 2021 05:57 WIB

Protes Pernyataan Genosida Armenia, Turki Panggil Dubes AS

Pernyataan AS tentang genosida memicu pernyataan kecaman dari para pejabat Turki

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Demonstran membawa poster saat memperingati genosida Armenia di depan Kantor Konsulat Turki di AS. Senat AS loloskan resolusi yang mengakui genosida terhadap warga Armenia seabad lalu. Ilustrasi.
Foto: Etienne Laurent/EPA
Demonstran membawa poster saat memperingati genosida Armenia di depan Kantor Konsulat Turki di AS. Senat AS loloskan resolusi yang mengakui genosida terhadap warga Armenia seabad lalu. Ilustrasi.

IHRAM.CO.ID, ANKARA -- Kementerian luar negeri Turki memanggil Duta Besar AS di Ankara untuk memprotes pernyataan Presiden AS Joe Biden. Tindakan ini sebagai respon dari pengakuan AS atas genosida kepada orang-orang Armenia pada masa Kekaisaran Utsmaniyah.

Wakil Menteri Luar Negeri Sedat Onal bertemu dengan David Satterfield pada hari Sabtu untuk mengungkapkan kecaman keras Turki.

"Pernyataan itu tidak memiliki dasar hukum dalam hal hukum internasional dan telah merugikan rakyat Turki, membuka luka yang sulit diperbaiki dalam hubungan kami," kata kementerian dilansir dari Aljazirah, Ahad (25/4).

Pada hari Sabtu, Biden menindaklanjuti janji kampanye untuk mengakui peristiwa yang dimulai pada tahun 1915 dan menewaskan sekitar 1,5 juta orang Armenia di masa Turki Utsmani sebagai genosida. Pernyataan itu dibuat dengan hati-hati untuk mengatakan deportasi, pembantaian terjadi di Kekaisaran Ottoman.

“Kami melihat rasa sakit itu.  Kami menegaskan sejarahnya.  Kami melakukan ini bukan untuk menyalahkan tetapi untuk memastikan bahwa apa yang terjadi tidak pernah terulang, ”katanya.

Proklamasi Gedung Putih segera memicu pernyataan kecaman dari para pejabat Turki, meskipun Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan belum membahas masalah tersebut.

“Sifat peristiwa 1915 tidak berubah sesuai dengan motif politik para politisi atau pertimbangan politik dalam negeri saat ini.  Sikap seperti itu hanya menghasilkan distorsi sejarah yang vulgar, "kata kementerian luar negeri Turki pada hari Sabtu.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu juga men-tweet: "Kami tidak memiliki apa pun untuk dipelajari dari siapa pun di masa lalu kami sendiri," katanya.

Turki menolak penggunaan kata tersebut, dengan mengatakan baik orang Turki dan Armenia tewas dalam pertempuran era Perang Dunia I, dan telah meminta komisi sejarah bersama untuk menyelidiki.

Selama bertahun-tahun, Pesiden Amerika telah menghindari penggunaan "genosida" untuk menggambarkan apa yang disebut orang Armenia sebagai Meds Yeghern, atau Kejahatan Besar. Pengumuman itu datang ketika hubungan Turki-Amerika menjadi semakin tegang.  AS telah memberikan sanksi kepada pejabat pertahanan Turki dan mengeluarkan Turki dari program jet tempur setelah anggota NATO itu membeli sistem pertahanan rudal S400 buatan Rusia.

Ankara frustrasi dengan dukungan Washington terhadap pejuang Kurdi Suriah yang terkait dengan kelompok bersenjata Kurdi yang telah berperang melawan negara Turki selama beberapa dekade.  Turki juga menuntut ekstradisi Fethullah Gulen, seorang ulama Turki yang dituduh mengatur upaya kudeta berdarah terhadap pemerintah Erdogan pada 2016. Gulen tinggal di AS dan menyangkal keterlibatannya.

Erdogan dan Biden berbicara melalui telepon pada Jumat untuk pertama kalinya sejak pemilu AS.

Ibrahim Kalin, juru bicara presiden, mentweet hari Minggu: "Presiden Erdogan membuka arsip nasional Turki dan menyerukan komite sejarah bersama untuk menyelidiki peristiwa tahun 1915, yang tidak pernah ditanggapi oleh Armenia.  Sayangnya @POTUS telah mengabaikan, antara lain, fakta sederhana ini dan mengambil posisi yang tidak bertanggung jawab dan tidak berprinsip,"jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement