Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Karta Raharja Ucu

Selain Belanda-Jepang, Prancis dan Inggris Juga Pernah Menjajah Indonesia

Sejarah | Monday, 26 Apr 2021, 15:20 WIB
Lapangan singa.

Sejak sekolah dasar, dalam pelajaran sejarah, kita pasti diberitahu kalau Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun alias 3,5 abad. Jepang lalu meneruskan penderitaan rakyat Indonesia selama 3 tahun (1942-945) sebelum akhirnya Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945. Namun ternyata, bangsa Eropa yang pernah berkuasa di Indonesia bukah hanya Belanda. Prancis tercacat dalam sejarah pernah menjajah Indonesia selama lima tahun dari 5 Januari 1808 hingga 18 September 1811. Setelah itu, Inggris (Britania) mengambil alih kekuasaan dari tahun 1811 sampai 1815. Inggris kemudian mengembalikan kekuasaan kepada Belanda pada tahun 1815.

Meski demikian, kehidupan peradaban dan kekuasaan bangsa Prancis di Nusantara dilakukan tidak secara langsung, melainkan melalui pihak perantara. Masa kolonial Prancis di Hindia Belanda (kini Indonesia) dimulai ketika kekuasaan Kerajaan Belanda di Eropa tunduk kepada Kekaisaran Prancis pimpinan Napoleon Bonaparte. Bahkan, Napoleon menunjuk keponakannya Lodewijk Napoleon untuk menjadi Raja Belanda yang kemudian diganti menjadi Republik Bataaf.

Prancis memanfaatkan koloni-koloni negara-negara Eropa yang telah ditaklukkan untuk membantu mereka mengekspansi seluruh Benua Biru. Alasannya apalagi kalau bukan karena Prancis butuh uang dan SDM untuk membiaya perang. Dan jejak Prancis di Nusantara bermula sejak perusahaan kongsi dagang Belanda (VOC) dinyatakan bangkrut pada 1800. Akibatnya, aset-asetnya yang meliputi pelabuhan laut, gudang, benteng, permukiman, tanah, dan perkebunan di Hindia Timur dinasionalisasi Pemerintah Belanda.

Koloni Prancis itu berpusat di Batavia (kini Jakarta), Belanda menguasai sebagian besar Jawa (kecuali wilayah pedalaman negeri Vorstenlanden Mataram dan Banten), menaklukkan pesisir Sumatra Barat, menggulingkan bekas koloni Portugis di Malaka, Maluku, Sulawesi Selatan dan Utara, juga di Timor Barat. Di antara penguasaan Belanda ini, Jawa adalah yang paling penting, karena produksi tanaman keras dan perkebunan yang dikuasai Belanda berada di sana.

Di sisi lain dunia, Eropa hancur karena Peperangan era Napoleon. Sebuah penaklukan dan revolusi yang menggeser politik, hubungan, dan dinamika di antara kekaisaran dan negara Eropa, yang berdampak pada koloni mereka di Timur Jauh. Belanda di bawah Napoleon Bonaparte pada 1806, mengawasi Republik Batavua menjadi Persemakmuran Batavia dan kemudian dibubarkan dan digantikan oleh Kerajaan Hollandia, sebuah kerajaan boneka Prancis yang diperintah oleh saudara laki-laki ketiga Napoleon, Louis Bonaparte (Lodewijk Napoleon). Akibatnya Hindia Timur selama masa tersebut diperlakukan sebagai koloni Prancis proksi, diperintah melalui perantara Belanda. Nah salah satu jejak Prancis di Batavia atau Jakarta ada di Lapangan Banteng.

Warga Jakarta pasti pernah mendengar nama Lapangan Banteng. Namun, tahukah Anda jika Lapangan Banteng yang kini sudah direvitalisasi dulunya kumuh. Apalagi sekitar 1970-an saat Jakarta masih dipimpin Gubernur Ali Sadikin, Lapangan Banteng sempat menjadi terminal bus.

Lapangan Banteng dibangun bersamaan dengan Lapangan Gambir atau Lapangan Ikada pada abad ke-19 oleh Gubernur Jenderal Daendels. Di zaman Hindia Belanda, Lapangan Banteng diberi nama Waterlooplein, sementara nama Lapangan Gambir atau Lapangan Monas dulunya bernama Koningsplein atau lapangan raja.

Pertanyaannya, mengapa lapangan itu disebut sebagai Lapangan Banteng? Sebelum bersalin nama menjadi Lapangan Banteng, lahan seluas 5,2 hektare area itu punya berbagai sebutan. Di era kolonial, lapangan itu disebut sebagai Lapangan Singa. Penyebabnya karena di tengah-tengah lapangan itu berdiri sebuah tugu dengan patung singa berdiri di atasnya.

Tugu peringatan itu berdiri sebagai peringatan kemenangan Belanda melawan Prancis yang dipimpin Napoleon Bonaparte dalam pertempuran Waterloo yang terjadi pada 18 Juni 1815 di dekat Kota Waterloo, sekitar 15 km ke arah selatan dari ibu kota Belgia, Brussels. Itu adalah pertempuran terakhir Napoleon saat dikeroyok pasukan gabungan Inggris-Belanda-Jerman. Dalam catatan sejarah, perang itu sebagai perang pamungkas dari seratus hari sejak larinya Napoleon dari pengasingannya di pulau Elba. Untuk mengejek kekalahan Napoleon, Belanda menyebut lapangan itu sebagai Waterloo Plein.

Indonesia juga punya andil dalam kekalahan Napoleon. Kaisar Prancis dan bala tentaranya yang menaklukkan hampir seluruh dataran Eropa itu akhirnya bertekuk lutut dalam pertempuran Waterloo karena cuaca yang tidak bersahabat, hujan debu. Penyebabnya karena erupsi Gunung Tambora di Pulau Sumbawa yang menewaskan sekitar 100 ribu orang dua bulan sebelum pertempuran.

Letusan Gunung Tambora itu juga berdampak pada penurunan suhu global yang membuat gagal panen serta kelaparan. Karena fenomena alam itu, periode tersebut dijuluki "Tahun Tanpa Musim Panas". Kekalahan Napoleon pun membuat jalannya sejarah berubah haluan.

Namun saat Jepang bercokol di Indonesia pada 1942-1945, semua hal yang berbau Belanda dihancurkan, termasuk Tugu Singa. Namun Jepang yang menjadikan lapangan tersebut sebagai lambang kedidjayaan bangsa Asia terhadap bangsa Eropa itu tidak menghancurkan patung JP Coen, yang dibuat pada 1876 untuk memperingati 200 tahun berdirinya Kota Batavia. Patung JP Coen dihancurkan di era Presiden Soekarno yang juga mengubah nama Waterloo Plein menjadi Lapangan Banteng.

Lapangan itu berganti nama menjadi Lapangan Banteng setelah Indonesia merdeka. Ada sejumlah versi mengapa diberi Lapangan Banteng. Versi pertama, sejak era Belanda wilayah itu sebenarnya juga dikenal sebagai "Buffelsfeld" yang artinya lapangan banteng. Alasannya di wilayah itu dulu ditemukan banyak kubangan karena tanahnya diambil untuk membuat batu bata. Kubangan itu pun dijadikan tempat berendam kerbau.

Namun versi yang paling sering diceritakan karena lapangan itu dulunya dihuni berbagai macam satwa liar seperti macan, kijang, dan banteng. Jakarta yang dulu hutan belantara memang sempat menjadi habitat hewan liar. Sewaktu JP Coen membangun Batavia di dekat muara Ciliwung, lapangan itu dan sekelilingnya masih berupa hutan.

Abah Alwi Shahab, sejarawan Jakarta, pernah bercerita jika lapangan itu di zaman Gubernur Jenderal Herman William Daendels, pernah dijadikan latihan militer. Memang dalam catatan sejarah, Daendels selama menjabat mendapatkan tugas membangun area tersebut sebagai pusat pertahanan militer di tanah Jawa.

Daendels juga membangun gedung putih di Lapangan Banteng. Kini gedung itu menjadi kantor Kementerian Keuangan. Dulu di samping gedung putih yang batal dijadikan istana gubernur jenderal itu ada sebuah gedung Club Concordia, tempat hiburan para petinggi militer.

Saban akhir pekan, para perwira dengan istri atau pasangan mereka berdansa di lantai pualam, diiringi musik hasil karya komposer terkenal, seperti Strauss, Offenbach, Verdi, dan Donizetti. Wanita-wanitanya memakai pakaian impor dari Paris dan London. Namun setelah penyerahan kedaulatan, gedung ini dijadikan sebagai gedung DPR di era demokrasi liberal.

Di era Ali Sadikin, Lapangan Banteng itu dijadikan terminal bus yang melayani beragam jurusan di Ibu Kota, seperti Cililitan, Blok M, Priok, dan Grogol. Bus legendaris di terminal itu berasal dari Bulgaria bernama Robur.

Terminal Lapangan Banteng saat itu tidak pernah tidur. Selain beroperasi selama 24 jam, di dekatnya dulu berjejer rumah makan yang buka seharian penuh. Ada juga tempat penjualan buku dan majalah, serta komik.

Umumnya sebuah terminal, para penumpang angkutan umum harus ekstra waspada menjaga barang berharganya. Soalnya di terminal Lapangan Banteng dulu terkenal sebagai 'daerah jajahan' para copet kelas atas.

Kini di lapangan itu bukan lagi berdiri patung singa atau patung sang pendiri Batavia, JP Coen. Kedua patung yang dianggap merepresentasikan era Kolonial itu digantikan patung seorang pria bertubuh kekar yang menjulang menyundul langit. Patung berbahan perunggu itu menjadi bagian dari Tugu Pembebasan Irian Barat.

Berdiri sejak 17 Agustus 1963, patung itu erat kaitannya dengan sejarah Trikora (Tri Komando Rakyat) dan kembalinya Irian Barat ke pangkuan Indonesia setelah bebas dari cengkraman Belanda. Trikora adalah nama operasi yang dikumandangkan Presiden Soekarno di Yogyakarta untuk pembebasan Irian Barat.

Soekarno yang memiliki ide membuat patung setinggi 9 meter itu. Lalu Henk Ngantung --Gubernur Jakarta periode 1964-965, menerjemahkannya dalam bentuk sketsa. Kabarnya, Soekarno sendiri yang menjadi model sketsa Henk Ngantug. Sketsa itu mengilustrasikan seseorang yang telah bebas dari penjajahan dan diterjemahkan melalui rantai serta borgol pada patung tersebut.

Kaki patung dibuat oleh Friedrich Silaban yang juga perancang Masjid Istiqlal. Namun, patung seberat delapan ton itu diselesaikan dalam waktu 12 bulan oleh maestro patung Edhi Sunarso. Pematung kesayangan Presiden Soekarno dan pernah disekolahkan ke Rusia untuk mempelajari ilmu diorama itu, juga membuat Patung Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia dan Patung Dirgantara yang dikenal sebagai "Patung Pancoran".

Lapangan Banteng juga pernah menjadi gelanggang politik. Lapangan itu menjadi tempat kampanye berbagai partai politik pada Pemilu 1955 dan 1971. Termasuk saat kerusuhan ketika Partai Golkar berkampanye di Lapangan Banteng pada 1982. Saat itu panggung dan alat musik dibakar massa. Kerusuhan disebut-sebut dipicu massa PPP yang iri lantaran Partai Golkar mendapatkan fasilitas mewah dari pemerintah. Namun, versi lain mengatakan jika kerusuhan dipicu elite Golkar sendiri untuk mendeskriditkan pesaingnya.

Lapangan Banteng juga kerap menjadi arena demonstrasi. Di lapangan itu mahasiswa menggelar aksi menuntut Presiden Soekarno mundur dari jabatannya. Sementara Pada 9 November 1965 pascaperistiwa G30S PKI, sekitar 1,5 juta orang berkumpul di Lapangan Banteng menuntut PKI dibubarkan.

Pasca-Soekarno jatuh dan Orde Lama tumbang, lapangan itu tetap menjadi parlemen jalanan. Aksi massa mengkritik pemerintah tak berhenti di era Orde Baru. Termasuk saat 15 Januari 1974 atau dikenal peristiwa kerusuhan Malari (Lima Belas Januari).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image