Senin 26 Apr 2021 19:00 WIB

Kisah Dua Sahabat

Dua orang sahabat seiman menghadap Tuhan mereka.

Ilustrasi Sahabat.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Sahabat.

REPUBLIKA.CO.ID,  Dua orang sahabat seiman menghadap Tuhan mereka. Allah lalu memerintahkan Malaikat Ridwan untuk membawa seorang di antara mereka ke surga. Sebab, dia terkenal taat beribadah kepada-Nya. Sedangkan, sahabatnya, karena berbuat maksiat, digiring oleh Malaikat Zabaniyah ke neraka.

Ketika mendekati pintu surga, sang ahli surga mendengar teriakan sahabatnya."Wahai sahabatku," kata lelaki tersebut seperti dikutip buku Dzurrah al-Nasihin.

Baca Juga

"Kasihanilah aku dab berikanlah aku syafaat," kata lelaki tersebut.

Dia pun terenyuh. Lalu menghentikan langkahnya. Malaikat Ridwan berkata," Masuklah kamu ke dalam surga dan bersyukurlah bahwa Allah telah menyelamatkanmu dari siksa api neraka."

Tapi si ahli surga menolak dan meminta Malaikat Ridwan memasukannya ke neraka. "Bagaimana saya akan membawamu ke neraka, padahal Allah memerintahkanku membawamu ke surga, aku juga diperintahkan untuk melayanimu," kata Malaikat Ridwan.

"Orang yang berbuat maksiat itu sahabatku di dunia. Dia menyerit meminta tolong dan syafaatku, sedang aku tak bisa memberikannya dan tak mampu menyelematkannya dari siksa api neraka. Maka aku memilih bersamannya menjadi ahli neraka," kata lelaki tersebut.

Setelah itu terdengarlah seruan Allah. "Wahai hamba-Ku dengan segala kelemahanmu, engkau menolak surga dan memilih neraka karena persahabatanmu yang sebentar di dunia. Lalu bagaimana Aku rela memasukan hamba-Ku yang telah mengenal-Ku dan telah mengampuni dan memberikan anugera kepada sahabatmu untuk tinggal di surga," kata Allah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement