Senin 26 Apr 2021 22:30 WIB

KRI Dewaruci Dijadwalkan Singgah di Banjarmasin

Kota Banjarmasin masuk jalur yang akan dilalui dan disinggahi KRI Dewaruci

KRI Dewaruci
Foto: Silvy Dian Setiawan
KRI Dewaruci

IHRAM.CO.ID, KRI Dewaruci dijadwalkan akan menyinggahi Kota Banjarmasin pada pelayaran jalur rempah Nusantara tahun 2021.

"Itu dijadwalkan September 2021, bertepatan saat peringatan hari jadi Kota Banjarmasin," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Ikhsan Al-Haq di Banjarmasin, Senin (26/4).

Baca Juga

Ia memaparkan, Kota Banjarmasin masuk jalur yang akan dilalui dan disinggahi KRI Dewaruci karena wilayah Provinsi Kalimantan Selatan merupakan daerah yang kaya akan rempah-rempah yang diperebutkan kaum kolonial.

Hasil diskusi pihaknya dengan Direktur Kebudayaan RI yang menggagas ekspedisi pelayaran jalur rempah Nusantara dari KRI Dewaruci, di mana Banjarmasin, dulunya masuk sebagai jalur sutranya perdagangan rempah Nusantara."Salah satu sumber daya rempah yang besar dulunya di Kalsel ini adalah lada atau disebutnya di sini 'sahang'," ucapnya.

Ia menuturkan, Kota Banjarmasin dahulu merupakanpusat perdagangan pada abad 18 Masehi, yang ditandai dengan ramainya perdagangan lada."Bahkan ceritanya salah satu sumber ekonomi dan pendapatan besar kerajaan Banjar dulunya itu adalah hasil dari perdagangan lada, hingga ke luar Nusantara, ke China dan Arab," tutur Ikhsan.

Cerita besarnya pertanian lada di daerah ini tergambar dalam beberapa hal, salah satunya sebagai penyebab perang Banjir pada 1856 sampai 1862. "Setelah perang itu, penanaman lada menurun di wilayah kerajaan Banjar, namun tetap ada hingga kini," ujarnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement