Selasa 27 Apr 2021 09:30 WIB

Saat Perkataan Baik Lebih daripada Sedekah

Ada saat perkataan baik lebih baik dari pada amal yang disebut-sebut.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Saat Perkataan Baik Lebih daripada Sedekah. Foto: Ilustrasi Sedekah
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Saat Perkataan Baik Lebih daripada Sedekah. Foto: Ilustrasi Sedekah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat islam berlomba-lomba untuk beramal di bulan suci Ramadhan ini. Mereka yang bersedekah dan ikhlas, akan mendapatkan balasan dari Allah Ta'ala.

Dikutip dari laman Khaleej Times pada Selasa (27/4), disebutkan bahwa ada saat di mana berbicara dengan kata-kata yang baik dan memaafkan kesalahan orang lebih baik daripada amal yang diikuti dengan mengungkitnya.

Baca Juga

"Orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, kemudian tidak mengiringi apa yang dia infakkan itu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati. Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang diiringi tindakan yang menyakiti. Allah Mahakaya, Maha Penyantun. Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), seperti orang yang menginfakkan hartanya karena ria (pamer) kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari akhir. Perumpamaannya (orang itu) seperti batu yang licin yang di atasnya ada debu, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, maka tinggallah batu itu licin lagi. Mereka tidak memperoleh sesuatu apa pun dari apa yang mereka kerjakan. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang kafir (QS Al-Baqarah ayat 262-264).

"(Apa yang kamu infakkan) adalah untuk orang-orang fakir yang terhalang (usahanya karena jihad) di jalan Allah, sehingga dia yang tidak dapat berusaha di bumi; (orang lain) yang tidak tahu, menyangka bahwa mereka adalah orang-orang kaya karena mereka menjaga diri (dari meminta-minta). Engkau (Muhammad) mengenal mereka dari ciri-cirinya, mereka tidak meminta secara paksa kepada orang lain. Apa pun harta yang baik yang kamu infakkan, sungguh, Allah Maha Mengetahui" (QS Al-Baqarah ayat 273).

"Dan janganlah engkau jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan jangan (pula) engkau terlalu mengulurkannya (sangat pemurah) nanti kamu menjadi tercela dan menyesal" (QS Al-Isra' Ayat 29).

"Dan (termasuk hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih) orang-orang yang apabila menginfakkan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, di antara keduanya secara wajar" (QS Al-Furqon ayat 67).

"Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui" (QS Ali 'Imran Ayat 92).

"Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. (yaitu) orang yang kikir, dan menyuruh orang lain berbuat kikir, dan menyembunyikan karunia yang telah diberikan Allah kepadanya. Kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir azab yang menghinakan (QS An-Nisa ayat 36-37).

Dari Hakim bin Hizam Radhiyallhu Anhu, dia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda: 'Tangan di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Mulailah memberi dari orang yang berada di bawah tanggunganmu, dan sebaik-baiknya sedekah ketika merasa cukup, barang siapa menjaga kehormatan dirinya niscaya Allah menjaganya, barang siapa yang merasa cukup maka Allah akan mencukupkannya" (HR Al Bukhari).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement