Selasa 27 Apr 2021 18:35 WIB

8 Tanda Hati Seorang Hamba Hidup Menurut Alquran

Alquran menyebutkan tanda-tanda hidupnya hati seseorang

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran menyebutkan tanda-tanda hidupnya hati seseorang. Ilustrasi alquran
Foto: republika
Alquran menyebutkan tanda-tanda hidupnya hati seseorang. Ilustrasi alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Alquran merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Dari situ terdapat banyak pelajaran yang bisa diambil. Dari kitab tersebut juga dijelaskan tanda hidupnya hati seseorang.

Dikutip dari laman Alukah pada Selasa (27/4), berikut delapan tanda hidupnya hati menurut Alquran:

Baca Juga

1. Hatinya dimuliakan dengan rasa takut. 

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ ٱلَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ ٱللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ ءَايَٰتُهُۥ زَادَتْهُمْ إِيمَٰنًا وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetar hatinya, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal." (QS Al Anfal 2).

2. Hati lembut yang senantiasa mengikuti petunjuk dari Alquran. 

ذَٰلِكَ هُدَى ٱللَّهِ يَهْدِى بِهِۦ مَن يَشَآءُ ۚ وَمَن يُضْلِلِ ٱللَّهُ فَمَا لَهُۥ مِنْ هَادٍ "Itulah petunjuk Allah, dengan Kitab itu Dia memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barangsiapa dibiarkan sesat oleh Allah, maka tidak seorang pun yang dapat memberi petunjuk." (QS Az Zumar 23). 

3. Senantiasa khusyuk mengingat Allah SWT.

أَلَمْ يَأْنِ لِلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَن تَخْشَعَ قُلُوبُهُمْ لِذِكْرِ ٱللَّهِ وَمَا نَزَلَ مِنَ ٱلْحَقِّ وَلَا يَكُونُوا۟ كَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْكِتَٰبَ مِن قَبْلُ فَطَالَ عَلَيْهِمُ ٱلْأَمَدُ فَقَسَتْ قُلُوبُهُمْ ۖ وَكَثِيرٌ مِّنْهُمْ فَٰسِقُونَ

"Belum tibakah waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk secara khusyuk mengingat Allah dan mematuhi kebenaran yang telah diwahyukan (kepada mereka), dan janganlah mereka (berlaku) seperti orang-orang yang telah menerima kitab sebelum itu, kemudian mereka melalui masa yang panjang sehingga hati mereka menjadi keras. Dan banyak di antara mereka menjadi orang-orang fasik." (QS Al Hadid 16).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement