Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Karta Raharja Ucu

Legenda Pangeran Bucin di Condet

Sejarah | Wednesday, 28 Apr 2021, 01:20 WIB
Condet tempo dulu.

Ada banyak kisah cinta di Sungai Ciliwung. Satu dari sekian banyak kisah cinta yang melegenda terjadi di sekitar Batuampar, Condet, adalah yang melibatkan seorang pangeran dan kembang desa.

Di wilayah yang gagal jadi cagar budaya Betawi itu, ada kelurahan bernama Batuampar dan Balekambang yang melegenda. Dirawikan, ada pasutri bernama Pangeran Geger dan Nyai Polong, punya anak gadis cantik bin botoh yang kesohor seantero dan pojokan kampung-kampung. Namanye Maemunah.

Banyak lamaran jejaka yang ditolak Maemunah. Tapi, suatu waktu die dilamar Pangeran Tenggara asal Kampung Makasar untuk putranya, Pangeran Astawana.

Namanya kembang desa ya gak, apalagi yang ngelamar pengeran, Maemunah nerima lamaran tapi pake syarat yang sebenarnya hil yang mustahal. Die pengen dibuatin rumah dan tempat bersenang-senang di atas empang, dekat kali Ciliwung, nyang harus selesai dalam semalem. Mirip-mirip legenda Sangkuriang dan Bandung Bondowoso ame Roro Jonggrang.

Lu jual gue beli, kata Pangeran Astawana. Syarat itu disanggupi, dan gak perlu nunggu lama, besoknye sebelum ayam jago berkokok, rumah dengan sebuah bale di sebuah empang pinggir Ciliwung udah jadi. Kagak tau pegimane caranye dan siape kontraktornye. Mungkin dulu ada jasa Go-Jin, jasa bangun rumah dalam semalem.

Bahkan, sang pangeran juga mengampari jalan dengan batu sebagai jembatan dari kediamannya ke bale itu. Jalan itu selanjutnya disebut Batuampar, sementara Bale tempat istirahat disebut Balekambang karena terlihat mengambang.

Patah hati kan akhirnya tuh para jejaka setelah tau Pangeran Astawana bangunin rumah dalam semalem utk bangun rumah tangga sama Maemunah. Pangeran bukan kayak cowok zaman now yg cuman modusin bangunin sahur ceweknye, tapi gak berani bangun rumah tangga. "Jatuh cinta denganmu adalah patah hati yang ku sengaja," kata seorang pemuda yang lamarannya ditolak Maemunah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image