Kamis 29 Apr 2021 15:11 WIB

Kapuskes Haji :Arab Saudi tak Batasi Merek Vaksin Covid-19 

Kapuskes Haji Kementerian Kesehatan mengimbau calon jamaah haji vaksinasi

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Kepala Pusat Kesehatan Haji  Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Eka Jusup Singka, mengimbau calon jamaah haji vaksinasi
Foto: istimewa
Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Eka Jusup Singka, mengimbau calon jamaah haji vaksinasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan Arab Saudi tidak pernah menyatakan pelarangan vaksinasi Covid-19 dengan merek tertentu bagi jamaah haji. 

Hal ini disampaikan Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) Haji, Eka Jusup Singka, dalam kegiatan Bahtsul Masail Perhajian di Ciawi, Bogor. Pernyataan ini merespons munculnya polemik di masyarakat, dimana beredar informasi jika vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia tidak diakui di Arab Saudi. 

Baca Juga

“Kepada seluruh jamaah haji Indonesia, calon jamaah haji dan umroh , Arab Saudi itu tidak pernah menyatakan adanya larangan vaksin dengan merek tertentu,” kata Eka dikutip di laman resmi Kemenag, Kamis (29/4). 

Alih-alih melarang pemakaian vaksin dengan merek tertentu, Eka menjelaskan Arab Saudi lebih menekankan kewajiban calon jamaah haji dan umroh  untuk mendapat vaksinasi Covid-19 sebelum masuk ke Arab Saudi. 

 

Karenanya, Eka mengimbau calon jamaah haji segera mengikuti program vaksinasi Covid-19. Vaksinasi ini harus segera dilaksanakan, agar saat sudah ada penetapan kuota dari pemerintah Saudi, calon jamaah haji telah siap secara kesehatan.   

“Kepada jamaah haji dan umroh , segera memvaksin diri di tempatnya masing-masing. Karena datanya sudah dimasukkan ke dalam P-care dan nanti dapat melakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan yang tersedia,” ujar Eka.  

Sebelumnya, Kemenkes telah menetapkan skema vaksinasi terhadap calon jamaah haji 2021. Kemenkes membagi data prioritas masyarakat ke dalam dua kelompok, yakni kelompok lanjut usia (lansia) dan masyarakat rentan. 

"Rentan ini karena mereka melakukan perjalanan lintas negara. Hanya yang memenuhi syarat vaksinasi yang akan memperoleh vaksinasi Covid-19. Kalau ada komorbid, tentunya tidak akan dilakukan vaksinasi, penyuntikan tidak akan kita lakukan," lanjutnya. 

Eka menambahkan, untuk pelaksanaan haji dan umroh  di masa pandemi, seluruh jamaah haji diwajibkan untuk mendapatkan dua jenis vaksin, yakni vaksinasi Covid-19 dan meningitis.  

Pemerintah Arab Saudi dalam hal ini Kementerian Kesehatan, telah meminta seluruh jamaah haji dan umroh  dilengkapi dengan bukti vaksinasi berupa sertifikat vaksinasi. Hal ini serupa dengan vaksinasi meningitis.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement