Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Irwan Rahmad Roisun

Bulannya Alquran

Agama | Saturday, 01 May 2021, 17:22 WIB
Al-Qur'anSumber : muslim.or.id

Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana setiap umatmulim diwajibkan untuk berpuasa. Bulan dimana Allah mengampuni segala dosa umat-Nya,sekaligus bulan dimana diturunkannya kitabullah (Al-Quran).

AllahSubhanahu Wa Ta'ala berfirman,

 

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnyaditurunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasanmengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). (Al-Baqarah: 185)

Ibnu Katsir menerangkan ayat ini, bahwa Allah SubhanahuWa Ta'ala mengistimewakan bulan ini (Ramadhan) diatas bulan-bulan lainnya denganmenurunkan kitabullah (Al-Quran) didalamnya.

Bahkan berdasarkan riwayat, kitab-kitab suci yangditurunkan kepada nabi-nabi terdahulu juga diturunkan pada bulan Ramadhan. ShuhufIbrahim diturunkan pada malam pertama bulan Ramadhan, Taurat diturunkan setelahenam hari berlalu dari Ramadhan, Injil setelah 13 hari berlalu dari Ramadhan,dan Alquran diturunkan setelah berlalu 24 hari dari Ramadhan. (HR Ahmad).

Fungsi utama diturunkannya Al-Quran adalah sebagaipetunjuk kehidupan umat manusia yang mampu memberikan kebahagiaan. Sejakditurunkan Al-Quran ke dunia ini, Al-Quran selalu memberikan cahaya bagi umatmanusia, meredamkan kegelisahan, dan memberikan ketenangan bagi pemegangnya.

Al-Quran bagaikan intan, yang mana setiap sudutnyamemancarkan cahaya. Ketika seseorang menginginkan sebuah kehidupan yang penuhberkah, sejahtera, dan tentram, maka jawabannya adalah Al-Quran.

Kalaukita lihat dalam Al-Qur'an, ketika kita melakukan kebaikan maka Allah akanlipat gandakan menjadi 10 kebaikan. Bisa kita bayangkan betapa banyaknya nikmatyang Allah curahkan kepada kita semua. Rasulullah SAW mengatakan Celakalahseorang hamba yang mendapati bulan Ramadhan, kemudian Ramadhan berlalu dalamkeadaan dosa-dosanya belum diampuni. (HR. Ahmad).

Olehkarena itu dikesempatan yang mulai ini, marilah kita maximalkan bulan ramadhan,bulan yang penuh berkah, bulan yang dimana Allah curahkan kepada kitanikmat-Nya. Maka merugilah kita ketika kita melewati bulan ramadhan, tanpaamaliyah-amaliyah yaitu amal sholeh kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

RasulullahSAW bersabda "Siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah(Al-Quran), ia akan mendapatkan satu kebaikan yang nilainya sama dengan 10kali ganjaran (pahala). Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf,tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf." (HRTirmidzi).

Semogadengan semangat bulan Ramadhan di tahun ini, kita semua dapat memaximalkanamal-amal ibadah kita dan kembali kepada petunjuk Al-Quran sebagaimanaRasulullah SAW mengajarkan.

WallahualamBissawab

Irwan RahmadRoisun

MahasiswaUniversitas Muhammadiyah Surakarta

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image