29 Ramadhan 1442

Jamaah Sudah Bisa Gunakan Masjid Sudirah yang Bersejarah

Selasa , 04 May 2021, 08:07 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Esthi Maharani
Masjid Sudirah
Masjid Sudirah

IHRAM.CO.ID, SHAQRA -- Umat Muslim di Shaqra, Arab Saudi sudah bisa menggunakan Masjid Sudirah yang baru saja rampung direnovasi. Masjid Sudirah merupakan masjid bersejarah yang berada di Shaqra. Masjid ini telah dibangun sejak 1356 H. Masjid Sudirah menjadi salah satu dari 30 masjid di 10 wilayah yang direnovasi total dalam bagian proyek renovasi masjid bersejarah yang digagas Pangeran Muhammad Bin Salman.

Seperti dilansir Saudi Gazette pada Selasa (4/5) Masjid Sudirah memiliki nilai warisan yang penting dan terletak di distrik tua Bab Al Atfiya, di sebelah sekolah Hamad Bin Saleh Bin Abbas, yang dinamai menurut nama muazin masjid. Selain sebagai tempat sholat dan ibadah, masjid ini menjadi mercusuar budaya dan keilmuan bagi warga desa dan sekitarnya, di mana mereka belajar menulis, serta pengajaran Alquran.

Masjid ini dibangun dari lumpur dan batu serta beratap dari balok kayu, batang tamarix, dan pelepah lontar. Luas totalnya sekitar 500 meter persegi dan dulunya menampung sekitar 160 jamaah.

Masjid ini terdiri dari ruang shalat, Al Sarha, tempat peristirahatan, toilet, dan menara berbentuk persegi yang terletak di sebelah selatan masjid dengan ketinggian sekitar 10,46 m. Masjid ini memiliki dua pintu masuk, satu di timur dan satu lagi di barat.

Setelah proses rehabilitasi, masjid bersejarah Sudirah kini memiliki ruang shalat bagi wanita, toilet dan tempat wudhu untuk pria dan wanita, serta dapat menampung hingga 347 orang.

 

widget->kurs();?>