29 Ramadhan 1442

Muslim Nashville Lanjutkan Ibadah di Gereja Metodis

Selasa , 04 May 2021, 11:59 WIB Redaktur : Esthi Maharani
Masjid Bellevue di Islamic Center of Nashville, Amerika Serikat.
Masjid Bellevue di Islamic Center of Nashville, Amerika Serikat.

IHRAM.CO.ID, NASHVILLE  -- Pusat Peradaban Islam di Nashville atau Islamic Center of Nashville saat ini sedang menjalani renovasi. Pihak pengurus berupaya memperbaiki atap, memasang karpet baru, serta memberi lapisan cat baru.

Dengan alasan perbaikan ini, masjid yang berada di jantung kota terpaksa menutup pintunya dan tidak bisa menampung umat Islam untuk beribadah selama Ramadan.

Dilansir di Tenessean, Selasa (3/5), pengurus tidak lantas lepas tangan dan membiarkan Muslim sekitar kebingungan. Mereka berupaya meminta bantuan tetangga untuk meminjamkan ruangannya.

Gereja Metodis Belmont United berlokasi sekitar 1,5 mil atau 2,4 km dari masjid. Mereka menawarkan bangunan yang berfungsi sebagai pusat kegiatan komunitasnya untuk digunakan Muslim Nashville.

"Mereka dengan murah hati mengizinkan kami menggunakan fasilitas mereka untuk shalat Jumat," kata Imam masjid Islamic Center Nashville, Ossama Bahloul.

Saat ini, umat ​​Muslim merayakan Ramadhan kedua mereka di tengah pandemi Covid-19. Tidak seperti tahun lalu, sekarang masjid diizinkan dibuka untuk shalat.

Ibadah dilaksanakan di bawah protokol kesehatan yang ketat, seperti menjaga jarak sosial, penggunaan masker, serta pembatasan kapasitas jamaah.

Balhoul melihat keragaman agama di Nashville sebagai salah satu aset kota. Ia pun berterima kasih atas kemurahan hati Gereja Metodis Belmont United.

"Bekerja secara kolektif untuk kebaikan bersama merupakan sebuah kebutuhan dan saya melihatnya sebagai bagian penting dari agama kita," kata Balhoul.

Ia juga menyebut persatuan tidak membutuhkan kesepakatan dalam doktrin agama. Namun, hal ini malah mengharuskan setiap pihak fokus pada bidang yang sama, yakni memberi manfaat bagi semua orang.

Di sisi lain, Pendeta Paul Purdue, yang memimpin gereja, mengatakan mereka baru-baru ini membuka kembali pintunya untuk pertemuan jamaat. Memberikan salah satu ruangannya untuk Islamic Center disebut sebagai hal yang masuk akal.

Dia lantas menunjuk pada perintah Yesus untuk mencintai sesamamu seperti dirimu sendiri. "Jika tetangga Anda membutuhkan bantuan, cobalah membantu memenuhi kebutuhan itu. Kami senang melakukannya," kata dia.

 

widget->kurs();?>