Selasa 04 May 2021 17:27 WIB

Kemuliaan Asma binti Abu Bakar

Asma binti Abu Bakar, Imannya kokoh dan pengamalan Islam baik

Asma Binti Abu Bakar dikenal sebagai wanita terhormat yang menonjol dalam kecerdasannya (ilustrasi)
Foto: Google.com
Asma Binti Abu Bakar dikenal sebagai wanita terhormat yang menonjol dalam kecerdasannya (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Asma Binti Abu Bakar dikenal sebagai wanita terhormat yang menonjol dalam kecerdasannya, kemuliaan diri, dan kemauannya yang kuat. Imannya kokoh dan pengamalan Islam baik 

Selain kedermawannya, di antara tanda keislamannya yang baik,  Asma' turut serta dalam Perang Yarmuk bersama suaminya, Zubair bin Awwam, dan menunjukkan keberaniannya. Dia membawa sebilah belati dalam pasukan Said bin Ash di masa fitnah, lalu meletakkannya di balik lengan bajunya.

Baca Juga

Orang bertanya kepadanya, "Apa yang kau lakukan dengan membawa pisau ini?"

Asma' menjawab, "Jika ada pencuri masuk, maka akan kutusuk perutnya."

 

Asma’ binti Abu Bakar meriwayatkan sekitar 58 hadits dari Rasulullah SAW, riwayat lain mengatakan 56 hadits. Bukhari dan Muslim sepakat terhadap 14 hadits. Sedangkan 4 hadits lainnya diriwayatkan oleh Bukhari sendirian, sedangkan Muslim juga meriwayatkan sejumlah yang diriwayatkan Bukhari.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa hadits-hadist Asma yang sudah ditakhrij mencapai 22 hadits. Di antara yang telah disepakati Bukhari dan Muslim sebanyak 13 hadits. Selain itu, Bukhari meriwayatkan 5 hadits dan Muslim meriwayatkan 4 hadits.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement