Gelar Sholat Idul Fitri Harus Penuhi Sejumlah Syarat

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

Selasa 04 May 2021 19:01 WIB

Umat Islam melaksanakan shalat Idul Fitri 1441 Hijriah di lantai atas indekos kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (24/5/2020). Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah berjemaah yang dilakukan di rumah dengan jumlah yang terbatas tersebut sesuai imbauan pemerintah guna mencegah penyebaran COVID-19 dan memaksimalkan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Foto: ANTARA FOTO Umat Islam melaksanakan shalat Idul Fitri 1441 Hijriah di lantai atas indekos kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (24/5/2020). Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah berjemaah yang dilakukan di rumah dengan jumlah yang terbatas tersebut sesuai imbauan pemerintah guna mencegah penyebaran COVID-19 dan memaksimalkan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam, Kamaruddin Amin menyampaikan bahwa masyarakat memungkinkan untuk melakukan Sholat Idul Fitri asal memenuhi sejumlah syarat yang ditentukan.

Kamaruddin mengatakan, Surat Edaran Menteri Agama tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriyah itu mememungkinkan atau membolehkan masyarakat untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri dengan sejumlah syarat. Di antaranya harus menjaga protokol kesehatan untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19. Terkait protokol ini semuanya sudah tahu.

Baca Juga

"Penggunaan ruangan misalnya masjid atau lapangan (untuk Sholat Idul Fitri) itu tidak lebih dari 50 persen dari kapasitasnya, kemudian itu tidak berada di zona merah dan oranye, itu saya kira tiga poin penting," kata Kamaruddin kepada Republika, Selasa (4/5). 

Ia mengatakan, pastikan juga oleh dewan kemakmuran masjid (DKM) untuk membentuk panitia guna memastikan protokol pencegahan Covid-19 dilaksanakan dengan baik. Tadi malam juga sudah bertemu dengan Kepala BNPB dan pihak Polri membahas surat edaran menteri agama untuk di kawal bersama-sama.