Ini Cara Otoritas Saudi Mendapatkan Foto Detail Hajar Aswad

Rabu , 05 May 2021, 09:56 WIB Reporter :Mabruroh / Meiliza Laveda/ Redaktur : Esthi Maharani
Foto Hajar Aswad
Foto Hajar Aswad

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Otoritas Arab Saudi pada Senin (3/5) merilis foto baru yang menunjukkan pemandangan Hajar Aswad dari dekat. Sebelumnya, otoritas Arab Saudi belum pernah menunjukkan foto tentang Hajar Aswad yang berada di dinding Ka'bah itu.

 

Terkait

Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci menangkap detail Hajar Aswad, dengan teknik baru fotografi. Ada sekitar 1.050 foto hajar aswad dan maqam Ibrahim yang diambil menggunakan teknologi Fox Stack Panorama. Teknik itu menggabungkan gambar dengan berbagai tingkat kejelasan untuk menghasilkan satu gambar beresolusi tinggi. Proses pengambilan gambar memakan waktu hingga tujuh jam.

Kaaba’s Black Stone seen in first time in 49,000 megapixel image

Foto yang dihasilkan berukuran hingga 49 ribu megapiksel dan membutuhkan waktu 50 jam atau hampir satu pekan untuk mengeditnya. Gambar yang diambil kemudian dicetak menggunakan printer 3D.

Hajar Aswad sendiri merupakan sebuah batu yang dipercaya umat Islam, berasal dari surga. Batu yang diturunkan langsung dari surga tersebut, diberikan kepada Nabi Ibrahim oleh malaikat Jibril.

Umat ​​Muslim percaya bahwa batu Hajar Aswad itu diletakkan di dalam lapisan perak murni dan terletak di sudut Ka'bah, sekitar satu setengah meter dari tanah.

Kaaba’s Black Stone seen in first time in 49,000 megapixel image

Al-Qurashi menambahkan pihak berwenang sangat ingin mendokumentasikan hajar aswad dan maqam Ibrahim untuk menunjukkan detail teknis.

“Ini adalah teknik canggih yang digunakan untuk pertama kalinya dalam membangun model yang menyerupai bentuk dan ukuran maqam Ibrahim,” kata al-Qurashi dilansir Arab News, Rabu (5/5).

Selama umrah atau haji, umat Islam akan berlomba untuk menyentuh hajar aswad. Namun, karena banyaknya peziarah yang berkunjung setiap tahun, sehingga tidak semua jamaah haji dan umroh dapat menyentuh batu tersebut.

Kaaba’s Black Stone seen in first time in 49,000 megapixel image