Rabu 05 May 2021 23:35 WIB

12 Juta Orang Kunjungi Camlica, Masjid Terbesar di Turki

25 ribu orang dapat sholat di dalam ruangan pada satu waktu di Masjid Agung Camlica.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
12 Juta Orang Kunjungi Camlica, Masjid Terbesar di Turki. Masjid Agung Camlica di Istanbul, Turki pada 3 Mei 2021. Masjid Agung Camlica merupakan masjid dengan kapasitas terbesar di Turki.
Foto: Anadolu Agency
12 Juta Orang Kunjungi Camlica, Masjid Terbesar di Turki. Masjid Agung Camlica di Istanbul, Turki pada 3 Mei 2021. Masjid Agung Camlica merupakan masjid dengan kapasitas terbesar di Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Masjid Camlica adalah masjid terbesar di Turki. Sejak resmi dibuka pada 2019, masjid Camlica telah menarik pengunjung hingga 12 juta orang. 

"Sebanyak 12 juta orang mengunjungi Masjid Agung Camlica sejak diresmikan dua tahun lalu," kata Kepala Asosiasi Konstruksi dan Konservasi Unit Layanan Masjid dan Kebudayaan Istanbul, Ergin Kulunk dilansir dari Daily Sabah, Selasa (4/5).

Baca Juga

Menurut Kulunk, masjid Camlica sama halnya dengan Masjid Hagia Sophia yang menarik banyak perhatian turis domestik dan turis asing. Kulunk juga mengatakan, pada tahun pertama setelah pembukaan, sekitar 10 juta orang mengunjungi masjid dan saat ini jumlah pengunjung mencapai 12 juta, meskipun ada pandemi.

"Masjid ini adalah yang terbesar di Turki dalam hal kapasitas," kata Kulunk.

Ia menjelaskan 25 ribu orang dapat sholat di dalam ruangan pada satu waktu. Kapasitas masjid mampu menampung hingga 63 ribu termasuk area luar ruangan. 

"Sekitar 8.000 hingga 10 ribu orang dapat melakukan sholat Jumat di sini ketika kami mulai menggunakan halaman saat cuaca semakin hangat," tambahnya.

Kulunk mengatakan selain fasilitas yang saat ini beroperasi, seperti perpustakaan, kompleks tersebut juga akan segera memiliki museum yang menggabungkan konsep tradisional dan modern Turki. Masjid Camlica dibangun dalam gaya arsitektur perpaduan Utsmaniyah-Seljuk.

Masjid ini memiliki enam menara, empat menara di antaranya memiliki tinggi hingga 107,1 meter. Angka tersebut merupakan sebuah pengakuan atas kemenangan Turki Seljuk di Manzikert timur, sekarang Malazgirt, pada 1071 melawan tentara Byzantium yang membuka Anatolia ke pemukiman Turki.

Masjid Camlica yang mulai dibangun pada 2013 ini, memiliki kubah tengah setinggi 72 meter, mewakili 72 komunitas yang tinggal di Turki. Diameternya yang mencapai 34 meter melambangkan nomor pelat resmi Istanbul.

Di atas kubah terdapat ornamen masjid (finial) terbesar di dunia, dengan ketinggian 7,77 meter dan berat 4,5 ton. Finial selebar 3,12 meter itu diwarnai menggunakan nanoteknologi.

Gerbang utama masjid Camlica juga salah satu gerbang terbesar di dunia. Gerbang masjid memiliki lebar lima meter, tinggi 6,5 meter, dan berat enam ton. 

Kompleks masjid juga memiliki galeri seni seluas 3.500 meter persegi, perpustakaan 3.000 meter persegi, ruang konferensi berkapasitas 1.071, dan tempat parkir dalam ruangan dapat memuat 3.500 kendaraan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement