Rabu 05 May 2021 14:06 WIB

Aplikasi My-ELNUSA Memudahkan KBM Universitas Nusa Mandiri

Keunggulan  My-ELNUSA adalah lebih simpel dan aplikatif.

Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara online menggunakan aplikasi My-ELNUSA.
Foto: Dok UNM
Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara online menggunakan aplikasi My-ELNUSA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembelajaran online saat ini menjadi alternatif bagi setiap perguruan tinggi pada semester genap tahun akademik 2020/2021. Pengurangan serta peniadaan kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas dinilai menjadi keputusan yang tepat untuk mengurangi kontak dan kerumunan massa di masa pandemi Covid-19. 

Hampir semua kegiatan perkuliahan termasuk belajar mengajar, diskusi serta kegiatan lainnya, dilakukan secara online.

KBM pun kemudian dilaksanakan dengan menggunakan metode daring dengan menggunakan metode syncronous, melalui Webex, Zoom, Skype, Microsoft teams, Googlemeet dan lain-lain. Juga asyncronous, semisal eLisa, Elok, Elearning Farmasetika, Whatsapp Group dan lain-lain. Dengan tetap memperhatikan kelanjutan proses belajar mengajar dan ketercapaian mutu pembelajaran yang telah direncanakan.

Tepat mulai tanggal 15 Maret 2021, Universitas Nusa Mandiri juga memberlakukan kuliah online untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Ini sesuai Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Rektor Universitas Nusa Mandiri nomor 1023/2.02/STMIK-NM/III/2020 tanggal 9 Maret 2021 oleh Dr Dwiza Riana  SSi  MM MKom mengenai Edaran Pencegahan Penyebaran Covid-19 beserta panduan penyelenggaraan pembelajaran di Universitas Nusa Mandiri. 

Ganda Wijaya selaku kepala Biro Teknologi Informasi bagian Sistem Informasi mengatakan, Universitas Nusa Mandiri membenahi pembelajaran online dengan berbasis aplikasi yang diberi nama My-ELNUSA. Melalui aplikasi ini KBM berbasis online menjadi lebih seru dan memiliki keunggulan tersendiri di Universitas Nusa Mandiri. 

“Aplikasi My-ELNUSA memudahkan mahasiswa dan dosen berkomunikasi dalam pengiriman tugas, serta materi pembelajaran yang dilakukan,” ujarnya dalam rilis yang diterima Repubika.co.id beberapa hari lalu.

Keunggulan  My-ELNUSA adalah lebih simpel dan aplikatif karena fiturnya sudah mengadopsi Learning Management System (LSM) sebelumnya dan Google Classroom.

“Semoga adanya pembaharuan ini akan memudahkan dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran secara online. Hal ini bisa membantu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa/i Universitas Nusa Mandiri,” harapannya.

Menurut Dava,  salah satu mahasiswa Universitas Nusa Mandiri, aplikasi My-ELNUSA membuat akses pembelajaran lebih gampang dengan tampilannya yang simple dan menarik.

“Adanya aplikasi ini dapat membantu proses belajar yang masih dilakukan secara daring. Dengan begitu kita tetap dapat meningkatkan kualitas pendidikan dengan hasil yang maksimal,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement