Rabu 05 May 2021 14:14 WIB

Stafsus Ekonomi Presiden: Ekonomi akan Masuk Zona Positif

Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I 2021 mengalami kontraksi -0,74 persen

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuarta I 2021: Suasana aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/4/2021). Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2021 masih minus namun menunjukkan tren naik.
Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuarta I 2021: Suasana aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/4/2021). Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2021 masih minus namun menunjukkan tren naik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arah perekonomian Indonesia di masa pandemi terus membaik. Walaupun pertumbuhan ekonomi di kuartal I 2021 mengalami kontraksi -0,74% (yoy), tetapi trennya menunjukkan arah yang positif dari kuartal-kuartal sebelumnya.

Arif Budimanta, staf Khusus Presiden bidang Ekonomi, mengatakan pada kuartal II 2020 ekonomi tumbuh -5,32% (yoy), kuartal III 2020 -3,49% (yoy), dan kuartal IV 2020 -2,19% (yoy).

Selanjutnya diproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di Kuartal II, III dan IV tahun ini berada di zona positif. Alhasil, ekonomi Indonesia tahun 2021, secara akumulasi, akan tumbuh positif dibandingkan tahun 2020 lalu.

Data BPS pada Rabu pagi yang menyebutkan ekonomi kuartal I-2021 tercatat tumbuh -0,74% dari kuartal I tahun lalu. Pada kuartal I tahun lalu, kondisi perekonomian Indonesia dapat dikatakan belum terkena dampak pandemi, mengingat kasus pertama Covid-19 di Indonesia baru terjadi pada 2 Maret 2020.

Bahkan sempat terjadi penguatan aktivitas ekonomi pada akhir Maret 2020 akibat adanya “panic buying” atas beberapa jenis barang tertentu, terutama produk kesehatan dan kebutuhan pokok. Setelah itu terjadi pandemi. 

Ternyata, setelah satu tahun berlalu, ekonomi Indonesia mampu bertahan dari tekanan. "Selisih tipis, yang hanya sebesar -0,74% secara tahunan dibanding masa sebelum pandemi, menunjukan perekonomian kita sanggup bertahan. Kita akan segera masuk ke zona positif," kata Arif dalam penjelasan persnya, Rabu.

Menurut BPS, sebanyak 64,56% PDB menurut lapangan usaha di Triwulan I (yoy) berasal dari industri, pertanian, perdagangan, konstruksi dan pertambangan. Indikator tersebut mengindasikan sektor riil sudah bergerak lebih produktif dibandingkan sebelumnya. 

"Selain itu kita juga melihat bahwa Neraca Perdagangan kita  surplus di kuartal I dengan ekspor tumbuh 6,74%, dan Impor masih terkendali tumbuh 5,27%," kata Arif.

Badan Pusat Statistik merilis pertumbuhan ekonomi nasional,  menurut pengeluaran, terdiri atas pertumbuhan konsumsi sebesar -2,23%, investasi -0,23%, belanja pemerintah 2,96%, ekspor 6,74% dan impor 5,27%. 

Melihat rincian tersebut, harus diakui bahwa pandemi Covid-19 ini masih menekan perekonomian baik dari sisi supply maupun sisi demand, sehingga pemerintah terus bekerja sama dengan otoritas moneter berupaya untuk memperbaiki kedua sisi tersebut.

Arif menegaskan Presiden Jokowi optimistis perekonomian Indonesia akan kembali tumbuh positif pada kuartal II dan kuartal berikutnya di tahun 2021.

Untuk memastikan agar target itu tercapai, Arif menyebut penanganan pandemi harus dilakukan sesuai protokol kesehatan untuk mempertahankan tren penurunan kasus aktif dan penularan wabah virus korona di Indonesia. 

"3M tidak boleh diabaikan, jangan mudik, belanja lebih baik secara online, selain vaksinasi akan terus digenjot pemerintah," kata dia.

 Selain itu, daerah perlu mempercepat serapan anggarannya masing-masing agar roda ekonomi di daerah ikut bergerak.   Presiden juga sudah meminta kepala daerah benar-benar mampu meningkatkan investasi swasta di daerahnya agar lapangan kerja ikut tercipta.

Dengan kerja sama yang solid dari banyak pihak tersebut, maka konsumsi masyarakat dapat tumbuh tinggi. Apalagi, belanja pemerintah cukup ekspansif melalui berbagai program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang pada 2021 ini mencapai Rp699,43 triliun, sehingga target pertumbuhan positif pada triwulan II-2021 dapat dicapai.

Faktor eksternal juga dapat turut mendorong penguatan ekonomi Indonesia. “Beberapa negara mitra dagang utama Indonesia seperti China (18,3%), Amerika (0,4%), dan Singapura (0,2%) sudah memasuki fase pertumbuhan positif. Ini diyakini bisa memperkuat permintaan ekspor Indonesia ke negara-negara tersebut," kata Arif.

 

sumber : Siaran Pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement