Kamis 06 May 2021 05:22 WIB

Tim Densus 88 Antiteror Polri Belum Diterjunkan Tangani KKB

Tim Densus 88 Antiteror Polri Belum Diterjunkan Tangani KKB Papua

Rep: Ali Mansur/ Red: Muhammad Subarkah
Kelompok bersenjata Papua Merdeka.
Foto: republika
Kelompok bersenjata Papua Merdeka.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Meski pemerintah telah menetapkan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua sebagai kelompok teroris, tapi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) belum menerjunkan Tim Densus 88 Antiteror Polri. Hingga saat ini Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi yang masih bertugas menangani KKB Papua.

"Belum ada (Densus 88 Antiteror Polri), Satgas Nemangkawi dari TNI-Polri yang kerja," ujar Argo saat ditemui Gedung PTIK, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (5/5).

 

Kendati demikian, Argo memastikan pihaknya bakal melakukan penegakan hukum yang tegas kepada pihak-pihak yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Untuk saat ini  Satgas Nemangkawi berada di bawah komando dari Asisten Kapolri bidang Operasi (Asops) Kapolri.

 

"Untuk hard poweer, kalau melanggar pidana akan kita proses. Kita melaksanakan operasi Nemangkawi. Penegakan hukum TNI dan Polri," kata Argo

 

Sebelumnya Asops Kapolri, Irjen Imam Sugianto menyatakan pihaknya sedang mengkaji pelibatan Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri untuk memberantas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Pengkajian itu dilakukan setelah pemerintah resmi melabeli KKB Papua sebagai daftar terduga teroris dan organisasi teroris (DTTOT).

 

"Jangan berspekulasi, nanti arahan pak Kapolri bagaimana, terutama pelibatan Densus. Kalau sudah diputuskan Densus nanti harus kami ikutkan membantu, paling tidak memetakan, segala macam itu," ujar Imam ketika dikonfirmasi, Kamis (29/4).

 

Oleh karena itu, Imam meminta agar semua pihak menunggu hasil pembahasan dan pengkajian tersebut. Kemudian hasil daripada pengkajian tersebut akan diputuskan oleh Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Kata dia, Densus 88 Antiteror juga pernah membantu operasi yang dijalankan Satgas Madago Raya di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang memburu Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora. 

 

"Seperti Madago Raya di Sulawesi Tengah lah. Jadi satgas operasi kita bentuk. Tapi, Tim Densus 88  juga menyelenggarakan operasi yang link-up dengan satgas kami itu," terang Imam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement