Kisah Masjid Moorish dengan Taman Mawar di India

Kamis , 06 May 2021, 10:17 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Muhammad Subarkah
di kota Kapurthala di negara bagian Punjab, India.
di kota Kapurthala di negara bagian Punjab, India.

REPUBLIKA.CO.ID, CHANDIGARH -- Masjid Moorish terletak di kota Kapurthala di negara bagian Punjab, India. Desain arsitektur masjid ini didasarkan pada Masjid Agung Qutubiyya di kota Marrakesh, Kerajaan Maroko. Dan ada sejarah panjang tentang masjid ini.

 

Terkait

Dilansir dari laman Miligazette pada Kamis (6/5), pembangunan masjid tersebut ditugaskan oleh Maharaja Jagatjit Singh yang memerintah 1877-1947, penguasa terakhir Kapurthala.

Kota Kapurthala, dulunya adalah ibu kota Negara Bagian Kapurthala, yang dikenal sebagai 'Paris Mini Punjab' dan masjid tersebut dinyatakan sebagai salah satu yang terbaik di Asia Tenggara. Masjid adalah monumen nasional yang dilindungi oleh Survei Arkeologi India.

Masjid Moor yang ditugaskan oleh Maharaja selesai dibangun pada 1930. Arsitek Perancis, Monsieur M Manteaux yang merancang masjid tersebut juga pernah merancang Istana Jagatjit di kota tersebut.

Masjid ini mengingatkan pada bangunan serupa di Maroko dan Alhambra, dengan skema warna serta elemen desain yang tampak lebih mirip di Sevilla di Spanyol, daripada di Punjab.

Adapun Maharajah Jagatjit Singh merupakan seorang penguasa dengan selera mewah, yang dikenal karena aktivitas perkembangan di Negara Bagian Kapurthala saat itu. Dia terkenal karena mandat sekulernya.

Maharaja, seorang Sikh, dan percaya pembangunan masjid untuk memenuhi aspirasi rakyatnya yang sebagian besar Muslim (sekitar 60 persen).

Maharaja Jagatjit Singh's life, contributions to state of Kapurthala are subject of new book by his grandson

Keterangan foto: Maharajah Jagatjit Singh