Kamis 06 May 2021 13:53 WIB

Saudi Hapus Tanda 'Khusus Muslim' di Jalan Menuju Madinah

Belum ada pernyataan resmi terkait rambu jalan raya baru tersebut.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Arab Saudi mengganti frasa 'Khusus Muslim' di rambu lalu lintas. Frasa itu kini berganti menjadi Menuju Kawasan Haram (Suci).
Foto: SaadAbedine/Twitter
Arab Saudi mengganti frasa 'Khusus Muslim' di rambu lalu lintas. Frasa itu kini berganti menjadi Menuju Kawasan Haram (Suci).

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Otoritas Arab Saudi tampaknya telah mengganti frasa "Hanya Muslim" atau "Muslims Only" dari rambu lalu lintas yang mengarah ke Masjid Nabawi di Madinah al-Munawwarah, situs paling suci kedua bagi Islam setelah Makkah.

Dilansir dari Middle East Monitor, Rabu (5/5), beragam foto telah dibagikan di media sosial yang menunjukkan setidaknya satu dari rambu jalan raya sekarang bertuliskan "kawasan Haram" mengacu pada Haram (suci) Madinah atau situs suci.

Baca Juga

Banyak warganet Saudi memuji tanda-tanda baru tersebut, mengeklaim itu menunjukkan rasa toleransi kerajaan ultra-konservatif terhadap non-Muslim yang dilarang keras memasuki sekitar situs suci.  Di Madinah, memang hanya Muslim yang diperbolehkan masuk ke dalam Alun-Alun Nabawi tempat masjid berada.

Yang lain juga berpendapat itu dapat membantu mempromosikan Saudi sebagai tujuan wisata populer untuk orang-orang dari budaya dan latar belakang yang berbeda. Hal ini sesuai program Visi 2030 Saudi diprakarsai Putra Mahkota Mohammad Bin Salman.

 

Baca juga: Arab Saudi Umumkan Tanggal Libur Idul Fitri

Ia berusaha mengarahkan ekonomi berbasis minyak negara itu menuju industri alternatif, termasuk pariwisata dan informasi serta komunikasi dan teknologi. Sejauh ini belum ada penjelasan atau pernyataan resmi terkait rambu jalan raya baru tersebut.

 

https://www.middleeastmonitor.com/20210505-saudi-removes-muslims-only-signs-from-highway-to-madinah/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement