Sabtu 08 May 2021 15:28 WIB

Harga Daging dan Cabai di Kota Bogor Mulai Naik

Harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok mulai bergerak naik

Masyarakat setempat membeli daging sapi
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Masyarakat setempat membeli daging sapi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Harga komoditas kebutuhan pokok yakni daging dan cabai merangkak naik di pasar tradisional di Kota Bogor pada Sabtu (8/5) atau H-6 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Pemantauan harga di 12 pasar tradisional di Kota Bogor yang dikelola Perumda PD Pasar Pakuan Jaya, terutama di Pasar Kebon Kembang dan Pasar Bogor, terpantau harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok mulai bergerak naik, seperti daging sapi daging ayam broiler serta cabai merah besar dan cabai rawit.

Harga daging sapi saat ini rata-rata sekitar Rp130.000/kg, sedangkan pada pekan pertama April masih sekitar Rp120.000/kg dan pada pekan kedua April mulai bergerak naik menjadi Rp122.000/kg. Harga daging ayam broiler saat ini rata-rata sekitar Rp40.000/kg, sedangkan pada dua pekan lalu harganya Rp37.000/kg. Harga telur ayam beroiler pada tiga pekan lalu Rp21.000/kg, saat ini naik menjadi Rp24.000/kg.

Meskipun harganya mulai naik, tapi pengunjung pasar terutama kaum ibu tetap ramai berbelanja di kios yang menjual daging sapi dan daging ayam. Kemudian, cabe rawit merah, sebelum Ramadhan harganya Rp70.000/kg saat ini naik menjadi Rp75.000/kg, serta cabe merah besar sebelum Ramadhan harganya Rp50.000/kg saat ini sudah naik menjadi Rp56.000/kg.

Direktur Utama Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor, Muzakkir mengatakan, menjelang lebaran, harga komoditas kebutuhan pokok, memang ada yang naik, tapi kenaikannya tidak signifikan.

 

"Kalaupun ada harga yang naik, tapi kenaikannya tidak sampai 20 persen," katanya.

Ketika ditanya, apakah ada operasi pasar untuk menekan kenaikan harga, menurut Muzakkir, kenaikan harganya tidak signifikan serta stok komoditasnya tetap aman, sehingga tidak perlu dilakukan operasi pasar. Menurut Muzakkir untuk menjaga stok komoditas pangan tercukupi, Perumda PPJ Kota Bogor melakukan kerja sama dengan daerah asal komoditas untuk menambah pasokan komoditas pangan ke Kota Bogor selama bulan Ramadhan hingga Lebaran 2021.

Untuk memasok ayam potong Pemerintah Kota Bogor bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis, serta untuk memasok komoditas bawang merah Kota Bogor bekerja sama dengan Kabupaten Brebes.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement