Ahad 09 May 2021 12:04 WIB

Korban Serangan Israel ke Masjidil Aqsa Menjadi 285 Orang

Israel menyerang dengan berlindung pada penanganan Covid-19

Korban luka dalam serangan polisi Israel di komplek masjid al-Aqsha
Foto: Anadolu Agency
Korban luka dalam serangan polisi Israel di komplek masjid al-Aqsha

IHRAM.CO.ID, DHAKA -- Diplomat tertinggi Bangladesh menyatakan keprihatinannya atas serangan terhadap jamaah Muslim di Masjid Al-Aqsa oleh polisi Israel di Yerusalem dan mengutuk pelanggaran tersebut selama bulan suci Ramadhan.

Menteri Luar Negeri Bangladesh AK Abdul Momen mengatakan dia menginginkan lingkungan yang damai bagi jamaah di tempat keramat itu.

“Kekerasan yang terjadi di Masjid Al Aqsa pada hari Jumat adalah masalah kesedihan yang luar biasa. Kami mengutuk jenis kekerasan ini, ”kata dia kepada Anadolu Agency, pada Sabtu.

Polisi Israel menyerang jamaah Muslim di dalam Masjid Al-Aqsa, menyebabkan hampir 53 warga Palestina terluka dalam bentrokan di dalam kawasan Haram al-Sharif, kata organisasi Bulan Sabit Merah Palestina dalam sebuah pernyataan.

 

Jumlah korban luka meningkat menjadi 285 dalam serangan Israel di Masjid Al-Aqsa, Gerbang Damaskus Kota Tua dan lingkungan Sheikh Jarrah, kata dia.

Pelanggaran itu "tidak bisa diterima," kata Momen. “Jenis kekerasan ini tidak pernah bisa diterima. Kami berharap semua harus menahan diri agar insiden seperti itu tidak pernah terjadi di bagian mana pun dari tanah Palestina [yang diduduki]. "

Dia menunjuk nilai sakral Masjid Al-Aqsa dan mengatakan tempat suci harus untuk beribadah dan bukan berperang.

Masjid ini adalah situs tersuci ketiga di dunia bagi umat Islam. Orang Yahudi menyebut daerah itu "Temple Mount," mengklaim itu adalah situs dari dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama perang Arab-Israel 1967. Itu mencaplok seluruh kota pada tahun 1980 dalam sebuah tindakan yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.

"Kami percaya pada solusi dua negara untuk krisis Timur Tengah - negara Israel dan negara Palestina berdampingan," kata Momen saat dia menggarisbawahi sikap Bangladesh terhadap situasi tersebut,

Namun dia menambahkan, bagaimanapun, bahwa Bangladesh, salah satu negara yang belum menjalin hubungan diplomatik dengan Israel, pada prinsipnya percaya bahwa "Yerusalem adalah ibu kota Palestina."

Diplomat itu juga mengutuk pelanggaran di bulan Ramadhan, terutama pada malam Layt-al-Qadr, atau Malam Kuasa, malam paling suci dan paling suci di bulan Ramadhan.

Menurut laporan media dan catatan sebelumnya, Israel terus melakukan intervensi secara berkala terhadap Muslim di masjid, sementara jamaah terus melakukan tarawih - sholat malam khusus selama Ramadhan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement