Kesthuri: Larangan Warga Indonesia Masuk Saudi Belum Dicabut

Selasa , 11 May 2021, 06:16 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Agung Sasongko
 Jamaah melaksanakan sholat subuh pertama bulan suci Ramadhan 1442 H dengan menerapkan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Makkah, Selasa (13/4).
Jamaah melaksanakan sholat subuh pertama bulan suci Ramadhan 1442 H dengan menerapkan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Makkah, Selasa (13/4).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen Kesatuan Tour Travel Haji Umrah Republik Indonesia (Kesthuri) Artha Hanif memprediksi pelaksanaan haji tahun 2021. 

 

Terkait

"Pertama bahwa kalau bicara soal Haji 2021 rasa saya haji akan tetap berjalan sebagaimana Haji 2020 yang lalu juga berjalan. Tapi kan tahun lalu masih aja lokal," kata Artha saat berbincang dengan Republika, Senin (10/5).

Baca Juga

Menurutnya, calhaj Indonesia tinggal menunggu apakah pelaksanaan haji akan digelar secara internasional atau akan ada calhaj di luar Arab Saudi.

"Artinya mereka dibolehkan masuk ke Saudi Arabia ikut menyelenggarakan, melakukan prosesi haji itu persoalannya," katanya.

Karena sampai sekarang kata Artha, berita tentang penyelenggaraan haji digelar secara internasional belum ada. Artinya belum ada berita resmi yang menjelaskan bahwa Saudi tahun ini akan membuka Haji internasional untuk penyelenggaraan haji.

"Kalau misalnya ternyata benar-benar membuka kemungkinan peluang itu pada haji tahun ini sungguh kita bersyukur kita senang dan tentu kita sebaiknya merespon," katanya.